Sangat Minim, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Pemkab Bandung bagi Madrasah

ilustrasi madrasah

ilustrasi madrasah

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Bantuan Operasional Sekolah dari Pemerintah Kabupaten Bandung bagi madrasah masih sangat minim terutama bagi madrasah ibtidaiyah (MI).


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung, Imron Rosyadi mengatakan, bantuan operasional bagi MI dari pemerintah Kabupaten Bandung hanya sebesar Rp17.500 per siswa per tahun. Sementara bagi MTS besaran Bantuan Operasional dari Pemkab Bandung sebesar Rp90.000 per siswa per tahun.

“Kalau untuk Madrasah Aliyah (MA) cukup besar, Rp600.000 per siswa per tahun,” tutur Imron ketika diwawancara selepas rapat koordinasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung dengan Komisi D DPRD Kabupaten Bandung, di Gedung DPRD, Kamis (3/3).

Kendati bantuan bagi MI dari Pemerintah Kabupaten Bandung sangat kecil, namun kata Imron, masih terbantu oleh bantuan operasional dari Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat.

Di Kabupaten Bandung sendiri, terdapat 1 MI negeri, 191 MI swasta, 194 MTs Negeri, 3 MTs Negeri, 2 MA negeri dan 94 MA swasta dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak MI 31.885 siswa, MTS 37.848 siswa dan MA 13.975 siswa.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung, Tedi Surahman mengaku merasa miris dengan kecilnya nilai biaya operasional bagi siswa MI dari pemerintah Kabupaten Bandung.

Oleh sebab itu, pihaknya akan meminta pemerintah daerah untuk menaikan biaya operasional bagi MI di Kabupaten Bandung dalam anggaran selanjutnya.

“Harus diusulkan supaya bisa naik, Rp17,500 itu terlalu kecil,”ujarnya.

Selain itu, besaran nilai tiap tingkatan juga mempunyai jumlah yang senjang. Sehingga harus ada penyesuaian supaya semua siswa di tiap tingkatan bisa seimbang dan merata.

“Ada kejomplangan juga, masa MI hanya Rp17.500 sementara MA mencapai Rp600.000, nanti kita akan bicarakan dengan pemerintah daerah,”tutupnya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Rizieq Syihab Terancam Pidana

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab telah meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi di Kota Bogor, Sabtu (28/11).