Rp 24 Miliar, Anggaran DBMP Kota Bandung untuk Perawatan Jalan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Dana sebanyak Rp24 miliar dianggarkan Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung untuk kegiatan perawatan seluruh jalan di Kota Bandung.


“Pengerjaannya dibagi enam wilayah, masing-masing wilayah mendapat Rp 4 miliar. Jadi kalau dijumlahkan tahun ini mengalokasikan sebesar Rp 24 miliar,” ujar Kepala Bidang Pembangunan dan Pemeliharaan Kebinamargaan DBMP Kota Bandung Agoes Sjafroedin.

Agoes mengatakan, alokasi ini digunakan oleh unit reaksi cepat (URC), yang menangani keluhan jalan bolong.

“Untuk jalan bolong yang tingkat kerusakannya kecil, bisa ditanggulangi oleh URC. Namun, untuk yang tingkat kerusakan parah, harus lewat proses lelang,” paparnya.

Tahun lalu, lanjut Agoes, rata-rata penyerapan untuk dana pemeliharan ini sebesar Rp3,5 miliar.

“Jadi kami menyiapkan lagi, hanya untuk antisipasi saja,” tambahnya.‎

Kondisi jalanan Kota Bandung sekarang ini, menurut Agoes, sudah jauh lebih baik. Walau masih ada keluhan dari masyarakat, namun sudah jauh berkurang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya, keluhan masyarakat saat musrembang tentang jalan rusak sampai 80 persen. Sekarang turun menjadi 50 persen,” katanya.

Disinggung mengenai lokasi mana saja yang masih menjadi keluhan masyarakat terkait jalan bolong, Agoes mengatakan, lokasinya menyebar.

“Untuk perbaikan jalan di bolong dibawah 10 persen titiknya menyebar. Sisanya, kita hnya mengerjakan jalan yang memang harus dipelihara karena termakan usia,” tambahnya. ‎(mur)

Loading...

loading...

Feeds