Harga Komoditas Pangan Naik, Cabe Merah Tanjung Tembus Rp 52 Ribu per Kg

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Datangnya musim hujan membuat harga komoditas pangan hasil pertanian naik. Salah satunya cabe merah tanjung yang harganya terpantau naik.


“Untuk cabe merah tanjung, sekarang harganya menembus angka Rp52 ribu per kilo. Harga ini naik dari sebulan sebelumnya yang hanya Rp24 ribu per kilo,” ujar Kepala Dinas Pertaninan dan Ketahanan Pangan (Dispertapa) Kota Bandung, Elly Wasliah, kepada wartawan, Rabu (2/3).

Elly mengatakan, tingginya harga cabe merah tanjung, lantaran menurunnya pasokan dari pasaran.

“Setelah tim kami mengecek ke lapangan, memang di Pasar Caringin pasokan sangat kurang,” papar Elly.

Selain itu, ada faktor cuaca yang mengakibatkan tanaman mudah busuk. Sehingga hujan mengakibatkan tanaman di daerah asal mengalami gagal panen.

Daerah yang memasok cabe merah tanjung antara lain, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.

“Karena di sana gagal panen, sehingga ikut memicu faktor kenaikan harga cabe,” tambahnya.

Selain cabe merah tanjung, harga bawang merah juga meningkat tajam. Harga bawang merah kini mencapai Rp36 ribu per kilogram dari sebelumnya sekitar Rp20 ribu per kilogram.

“Sama dengan cabe, kenaikan harga bawang merah ini, karena pasokan berkurang akibat gagal panen di daerah pemasok, seperti Garut dan Brebes,” jelasnya.

Sementara, untuk harga kentang mengalami kenaikan dari yang asalnya Rp9 ribu per kilogram sampai Rp10 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 14 ribu per kilogram -Rp15 ribu per kilogram. Sedangkan harga wortel mengalami kenaikan dari yang asalnya Rp7.500, sekarang naik menjadi Rp10 ribu per kg.

Meski demikian, ada beberapa komoditas lain yang mengalami penurunan harga. Yaitu daging ayam, yang sekarang harganya Rp28 ribu per kilogram.
“Penurunan ini, lantaran pasokan mencukupi,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …