Tak Ada Bantuan Hukum untuk Ivan Haz dari DPR

Ivan_Haz

Ivan_Haz

 


POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Terkait kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan Fanny Safriansyah alias Ivan Haz, Mahkamah Kehormatan Dewan menyatakan tidak akan memberi bantuan hukum. MKD menyerahkan seluruh proses hukum terhadap Ivan kepada Kepolisian.

“Kita tidak dalam posisi memberikan bantuan hukum. Kita sebagai lembaga penegak etika juga memproses kewenangan kita sesuai Undang-Undang MD3,” ujar Ketua MKD Surahman Hidayat di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Surahman mengaku sudah bertemu dengan penyidik yang menangani kasus Ivan. Selain bertukar informasi, pertemuan tersebut untuk keperluan mendapatkan materi yang digunakan dalam sidang tim Panel MKD di DPR.

“Tim panel sekarang sedang bekerja melengkapi bahan-bahan yang diperlukan, mendalami, mendiskusikan. Nanti pada saatnya menyimpulkan,” ujarnya.

Surahman mengatakan sampai hari ini status Ivan masih sebagai anggota DPR. Namun, dirinya tidak bisa menjamin kader Partai Persatuan Pembangunan tersebut akan tetap menjadi anggota atau tidak. Pasalnya, keputusan diserahkan secara utuh kepada tim Panel.

“Keputusan panel bersifat otonom. Pimpinan MKD tidak bisa mengintervensi sedikitpun,” ujarnya.

Aatas tindakannya, Surahman menegaskan bahwa Ivan telah melanggar etika karena terlibat dalam tindak pidana. Akan tetapi, dibentuknya tim panel telah menunjukkan Ivan melakukan pelanggaran etika berat.

“Jelas dia melakukan pelanggaran etika. Kalau tidak, buat apa MKD memproses. Tapi kalau MKD sudah bentuk tim panel artinya ada pelanggaran berat,” ujarnya.

(pr/ril/ps)

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Jabar Imbau Ponpes Taati Prokes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar M. Sidkon Djampi mengimbau para santri dan pengajarnya taati protokol kesehatan Covid-19. …

Kenaikan Sanksi Prokes Terbentur Pergub

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penerapan kenaikan sanksi denda untuk pelanggaran protokol kesehatan (prokes) sulit dilakukan. Musababnya, realisasi sanksi tersebut harus melakukan …