RK Siap Maju Pilgub, PDIP Jabar Tetap Usung Hasanudin

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–PDIP Jawa Barat mengaku belum tertarik untuk mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur pada Pemilihan Umum Gubernur Jabar 2018. Meski Ridwan Kamil sudah menyatakan kesiapannya untuk maju pada Pilgub Jabar, partai berlambang banteng ini bersikukuh ingin mengusung kader sendiri dalam perebutan kursi Jabar 1 ini.

Sekretaris DPD PDIP Jabar Abdy Yuhana mengatakan, pihaknya tidak terpengaruh oleh dinamika di luar partai terkait kandidat calon gubernur. Menurut Abdy, hingga saat ini PDIP Jabar akan tetap mengusung sosok internal, yakni Ketua DPD PDIP Jabar Tubagus Hasanudin.

“PDIP punya kader potensial, Tubagus Hasanudin, yang saya kira di masyarakat layak jual, punya kepemimpinan,” kata Abdy di kantor PDIP Jabar, Bandung, Selasa (1/3). Terlebih, katanya, PDIP berhak mengusung calon meski tidak berkoalisi dengan partai lain.

Ini memberi kebebasan bagi partai pimpinan Megawati Soekarnoputri untuk menentukan sosok yang akan diusung. Lebih lanjut Abdy menilai, pilkada 2018 yang salah satunya Pilgub Jabar merupakan momentum penting dalam pergulatan politik, sehingga pihaknya tidak akan main-main dalam mengusung kandidat.

“Figur ketua DPD (PDIP Jabar, Tubagus Hasanudin) ini cukup mumpuni. PDIP tidak main-main dalam menentukan pilihan untuk diusung,” katanya.

Oleh karena itu, Abdy membantah jika ada yang menyebut Ridwan Kamil sudah didekati PDIP agar menggunakan partainya sebagai kendaraan menuju kursi Jabar 1. Kendati begitu, menurutnya, segala hal masih bisa terjadi dalam pencalonan kepala daerah ini.

“Kita akan membangun komunikasi dengan partai lain. Walau bagaimana pun pilkada 2018 ini momen penting. Jadi akan maksimal,” katanya.

Hal serupa pun ditegaskan Partai Golongan Karya Jabar. Wakil Ketua DPD Golkar Jabar Yod Mintaraga mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kadernya untuk bertarung dalam Pilgub Jabar 2018 mendatang.

Yod mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa kader terbaiknya untuk ikut berkompetisi sehat dalam perebutan eksekutif ini. “Jabar melakukan penjaringan beberapa kader terbaik, nanti akan disampaikan ke DPP (Golkar),” kata Yod di Gedung DPRD Jabar, Bandung, kemarin.

Menurut Yod, berdasarkan tradisi partai, Golkar selalu mengusung kadernya dalam pertarungan politik terutama Pilgub Jabar. Yod menambahkan, pihaknya akan menunggu agenda resmi partai untuk menentukan kandidat yang akan diusung.

“Golkar akan munas. Setelah munas, Golkar akan konsolidasi dulu. Setelah munas, musda,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …