Waspada! Tiga Lokasi di Kota Cimahi Ini Rawan Bencana

ilustrasi longsor

ilustrasi longsor

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi sudah memetakan daerah di kota Cimahi yang berpotensi terjadi bencana alam.


Hasil sementara, BPBD Kota Cimahi menentukan tiga titik potensial terjadi bencana. Diantaranya, rawan longsor di Cimahi utara, potensi banjir yang bisa terjadi di Cimahi Selatan dan kekeringan hampir di semua wilayah.

Selanjutnya, pemetaan potensi bencana akan terus dilakukan. Demikian disampaikan Kepala BPBD Kota Cimahi, Dani Bastian, saat ditemui di Kantor Pemerintah Kota Cimahi, Jl. Rd. Demang Hardjakusuma, belum lama ini.

“Kami semntara ini sudah memetakan daerah potensi bencana, yang kemungkinan bisa terjadi sewaktu-waktu pada beberapa daerah di Kota Cimahi. Pemetaan potemsi bencana ini akan terus kami lakukan,” ujarnya.

Pemetaan dilakukan sebagai langkah antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan pemerintah sekaligus warganya agar jika terjadi musibah, langkah penanggulangan dan pencegahan bisa dilakukan maksimal. Selain itu, meminimalisasi korban bencana.

“Meski Kota Cimahi luasnya hanya 40,2 Km dan terbagi dalam tiga Kecamatan dan 15 Kelurahan, tetap harus waspada dengan bencana,” ujarnya.

“Luas wilayah tersebut memang kecil, tapi bukan berarti bebas bencana,” terangnya.

BPBD yang dibentuk belum lama ini, nantinya akan melakukan sosialisasi lebih jauh kepada masyarakat.

“Kalau pemetaan potensi bencana sudah rampung, kami akan sosialisasikan kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap potensi bencana,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada. Saat ini, musim penghujan bisa menyebabkan beragam bencana.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), diperkirakan musim hujan di Kota Cimahi mulai terjadi dari Januari 2016 dan puncaknya diperkirakan terjadi pada Februari 2016.

“Puncak curah hujan itu diprediksi berpeluang terjadi bencana banjir, puting beliung, dan tanah longsor,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds