RESMI: Gianni Infantino Terpilih Jadi Presiden FIFA

Presiden baru FIFA Gianni Infantino berbicara dalam press conference setelah terpilih dalam KLB FIFA. Foto: Zimbio

Presiden baru FIFA Gianni Infantino berbicara dalam press conference setelah terpilih dalam KLB FIFA. Foto: Zimbio

POJOKBANDUNG.com, ZURICH- FIFA akhirnya memiliki presiden baru, Gianni Infantino setelah mengalahkan perolehan suara tiga kandidat lainnya : Sheikh Salman Bin Ebrahim Al Khalifa, Pangeran Ali bin Al Hussein, dan Jerome Champagne melalui voting dua putaran.


Sheikh Salman dan Infantino mendapat raihan suara yang nyaris sama pada putaran pertama. 85 suara untuk Sheikh Salman dan Infantino meraup 88 suara. Kemudian Pangeran Ali 27 suara dan Champagne hanya memeroleh tujuh suara.

Sheikh Salman dan Infantino memang sempat difavoritkan dalam pemilihan presiden FIFA untuk menggantikan Sepp Blatter dalam kongres luar biasa FIFA ini. Sheikh Salman mendapatkan dukungan dari Asia dan Afrika, sementara Infantino dari anggota-anggota FIFA di Eropa.

Perubahan perolehan suara keempat kandidat terjadi pada putaran kedua. Dan Infantino, yang juga merupakan mantan tangan kanan Michael Platini di UEFA dengan menjabat Sekretaris Jenderal sejak tahun 2009 itu, resmi menjadi presiden FIFA setelah mendapatkan dukungan dari 115 suara dari total 207 suara yang diperebutkan. Sementara Sheikh Salman mendapat 88 suara, Prince Ali Al Hussein empat suara dan Champagne nol suara.

Sebelum voting dilaksanakan sebenarnya terdapat lima kandidat calon presiden FIFA, tapi Tokyo Sexwale memutuskan mundur ditengah jalan. 

Infantino disebut-sebut memiliki andil menjadikan Piala Eropa yang semula hanya diikuti 16 peserta menjadi 24 peserta. Ia memiliki ide untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi sebanyak 40 tim.

Tapi diluar itu, Infantino memiliki tugas berat untuk mengembalikan reputasi FIFA usai sejumlah petinggi FIFA terjerat kasus korupsi dan suap, termasuk mantan Presidennya, Sepp Blatter.

Berikut hasil pemungutan suara pemilihan Presiden FIFA:

Gianni Infantino – 115 suara
Sheikh Salman – 88 suara
Prince Ali al-Hussein – 4 suara
Jerome Champagne – 0 suara

(caf)

 

Loading...

loading...

Feeds