Festival Kesenian Jabar Harus Berkesinambungan

POJOKBANDUNG.com, Pagelaran festival kesenian harus menjadi agenda rutin. Festival yang berkesinambungan diyakini mampu mengembangkan potensi bidang seni.


Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar usai membuka festival Drama Musikal Remaja Jawa Barat ke-5, di Gedung Rumentangsiang, Bandung, Kamis (7/1). Deddy menjelaskan, dahulu banyak masyarakat yang menilai seni sebagai bidang yang tidak menggiurkan.

Padahal, jika ditekuni dengan baik, seniman merupakan profesi yang menjanjikan. “Dulu ibu saya bertanya kepada saya, mau jadi apa (sebagai seniman), mau jadi anak wayang?” kata Deddy.

Oleh karena itu, Deddy meminta agar festival kesenian rutin digelar untuk menciptakan seniman-seniman handal yang berhasil. “Di Jabar harus ada festival (berkesinambungan),” katanya.

Salah satunya festival teater yang harus berkesinambungan agar banyak melahirkan aktor berbakat. “Saya lahir dari festival teater yang berkesinambungan di Jakarta. Jadi harus serius, mendalami,” katanya.

Deddy pun meminta seniman agar terus berkreasi dan mandiri. Sebab, maju mundurnya mereka tergantung pada kualitas seniman itu sendiri.

“Peran pentingnya dari pelaku seni itu sendiri, mengembangkan dirinya sendiri. Jangan cengeng, maju mundurnya tergantung pelaku seni itu sendiri,” katanya.

Kendati begitu, menurut Deddy, pemerintah harus turut serta dalam pengembangan potensi kesenian. “Inisiasi dari komunitas (seniman) yang harus didukung pemerintah,” katanya.

Salah satunya dengan memfasilitasi gedung kesenian untuk mempertontonkan hasil karya seniman. Terlebih, lanjut Deddy, selama ini para seniman kesulitan memperoleh tempat yang representatif untuk menampilkan hasil karya mereka.

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …