Erwan Sesalkan Cuitan Ridwan Kamil Soal Penolakan Studi Banding Kang Oded

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Cuitan Walikota Bandung Ridwan Kamil tentang keluhannya terhadap penolakan studi banding Wakil Walikota Bandung Oded M Danial oleh Pemkot Surabaya berbuntut panjang.


Kali ini Anggota DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan menyesalkan tindakan Ridwan Kamil mencuit keluhannya tersebut di media sosial (medsos) terkait penolakan kedatangan Oded ke Pemkot Surabaya, untuk studi banding, baru-baru ini.

“Seharusnya hal semacam itu tidak usah dishare di media sosial. Kan mereka sesama wali kota, bisa dibicarakan langsung,” ujar Erwan kepada wartawan Kamis (25/2).

Erwan mengatakan, dengan tindakannya ini, sebenarnya publik tidak akan menaruh simpati. Bahkan akan terkesan cengeng.

Kronologis dari kejaian ini adalah, Pemkot Bandung mengirimkan surat pemberitahuan kepada Pemkot Surabaya pada 15 Februari. Surat tersebut baru diterima Pemkot Surabaya pada 16 Februriari. Pada 17 Februari ada pelantikan Wali Kota Surabaya, dan 18 Februari wali kota terpilih memberikan disposisi atas surat tersebut UMP (Untuk Menjadi Perhatian).

“Sayangnya pada 18 Februari itu, rombongan wakil wali kota sudah tiba di Surabaya,” terang Erwan.

Seharusnya, lanjut Erwan, sebelum rombongan pergi, protokol sudah mengonfirmasi terlebih dahulu kesiapan Pemkot Surabaya.

“Seharusnya Protokol dari kita meyakinkan dulu apa mereka siap menerima kita atau tidak. Jangan langsung datang saja,” tambahnya.

Pasca kejadian ini, Erwan menyarankan Ridwan Kamil untuk meminta maaf kepada Pemkot Surabaya terlebih kepada wali kotanya. Karena isu ini sudah menjadi isu nasional.

“Bahkan Gubernur Jatim sudah angkt bicara. Jadi Seharusnya cepat dibereskan,” katanya.

Terlebih, sedari dulu, hubungan Kota Bandung dan Kota Surabaya kan baik .Erwan mengatakan, jangan sampai hal ini membuat hubungn baik itu menjadi renggang.‎

“Dari Surabaya sering studi banding ke Bandung, demikian juga sebaliknya,” katanya.

Menanggapi komentar-komentar mengenai penolakan Wali Kota Bandung Oded M.Danial oleh Pemkot Surabaya, Ridwan Kamil mengatakan, dirinya hanya ingin mengingatkan.

“Jadi hal-hal seperti ini jangan sampai terjadi lagi. Dan agar bisa menjadi perhatian,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan, ‎ kalau memang ada kota-kota yang tidak mau didatangi sampaikan saja secara terus terang.

‘Sehingga kamipun yang ingin belajar ke tempat yang lebih baik tidak buang-buang energi untuk melakukan perjalanan dinas,” katanya.

Penolakan Pemkot Surabaya ini, menurut Ridwan Kamil bukan yang pertama. Meski demikian, Ridwan Kamil tidak mau berburuk sangka, karena sejak awal Bandung dan Surabaya bersaudara.

“‎Kalau untuk satu kali saya kira wajar tapi berkali-kali tidak mengerti saya kenapa.‎ Surabaya bandung kan bersaudara, Viking Boneknya juga bersaudara,” ujarnya.
Setelah kejadian ini, Ridwan Kamil berharap masing-masing pihak instrospeksi agar tidak terulang lagi‎.

‎”Mudah-mudahan ini bisa jadi pelajaran untuk kami agar manajemen internal lebih baik lagi,” pungkasnya.‎ (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …