Daftar Via Aplikasi Gampil, Pelaku UMKM Dapat Kredit Melati

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Ini angin segar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mendaftarkan izin usaha melalui aplikasi Gampil (Gadget Aplication Mobile for License). Soalnya, mereka akan mendapat tawaran pinjaman kredit melati.


Itu diungkapkan Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung.

“Jadi begitu mengisi aplikasi, maka kami akan menawarkan pinjaman kepada pelaku UMKM,” ujar Dandan kepada wartawan, (25/2).

Platform yang ditawarkan Rp0- Rp50 juta untuk usaha mikro, sedang untuk usaha kecil Rp50-Rp500 juta.

“Nanti tinggal kami tawarkan kira-kira dengan bank mana ingin bekerja sama meminjam dana,” tegas Dandan.

Syarat-syarat pengurusan izin melalui aplikasi Gampil ini, tidak sulit, karena tidak membutuhkan IMB. Syarat-syart itu antara lain, KTP, KK, foto kegiatan, dan izin dari RT dan RW.

“Kalau syarat-syarat memenuhi, maka dari pengisian aplikasi hingga selesai pembuatan izin hanya sekitar 7 hari,” terang Dandan.

Dandan menambahkan, aplikasi ini bisa diunduh di Playstore. Sekarang ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada msyarakat.

“Kita akan sosialisasikan di car free day. Pokoknya tahun ini targetnya sudah tersosialisasikan kepada msyarakat,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi Industri Perdagangan dan UMKM (DiskoperindagUKM) Kota Bandung Erik M Atturik mengatakan, jumlah UMKM di Kota Bandung berdasarkan data BPS tahun 2011 adalah 333.500.

“Data ini, baru akan direvisi pada tahun ini, saat sensus ekonomi. Karena sensus ekonomi memang dilaksanakan lima tahun sekali,” terang Erik.

Erik mengatakan, dalam hal ini, pihaknya membantu dalam pengembangan skill. Untuk sisi pemasaran ada litle Bandung, dan untuk advokasi, Erik mengatakan pihaknya menyiapkan pelatihan sertifikasi halal.

“Kami sudah berikan 250 pengusaha untuk pelatihan sertifikasi halal,” terangnya.

Dengan aplikasi Gampil ini, pelaku UMKM bisa mendapatkan surat izin yang menjadi syarat pengajuan kredit ke bank.

“Jadi masyarakat lebih dimudahkan. Apalagi, untuk pelaku UMKM yang mengajukan izin, maka akan langsung ditawari, apakah mereka perlu kredit usaha rakyat (KUR),” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …