Astronot Dengar Musik Aneh di Sisi Gelap Bulan

Foto: NASA

Foto: NASA

POJOKBANDUNG.com- LEMBAGA Antariksa Amerika Serikat (NASA) punya rekaman suara aneh yang ada di luar angkasa. Rekaman yang mirip alunan musik itu terdengar saat astronot berada di sisi gelap bulan.


Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, suara aneh itu direkam oleh astronot yang menumpang Apollo 10, dua bulan sebelum Neil Amstrong mendarat di bulan tahun 1969. Ada musik yang terdengar misterius dan tidak terjelaskan asal-usulnya.

Suara itu diyakini bukan berasal dari Bumi. Sebab, suara itu muncul di sisi gelap bulan, sehingga gelombang radio dari Bumi pun terhalang.

Berdasarkan rekaman NASA, suara itu langsung membuat para astronot terkejut sekaligus bingung. Sebab, suara itu juga terdengar jelas dalam headset mereka.

Saat mendengar suara itu, para astronot sempat berdiskusi apakah perlu melaporkannya ke pusat kontrol NASA di Bumi. Saat itu mereka memang tidak bisa langsung lapor karena komunikasi ke Bumi terputus akibat terhalang bulan.

“Kau dengar itu? Apakah itu suara siulan? Whooooooooooo!” kata salah satu astronot.

Astronot lainnya menyahut. “Ini seperti jenis musik luar angkasa,” katanya. “Yah, yang pasti ini adalah musik aneh,” sahut seorang astronot lainnya.

Tentu saja suara itu tidak ada hubungannya dengan Pink Floyd yang mengeluarkan album The Dark Side of The Moon empat tahun kemudian. Sebab, suara yang tak terpecahkan itu dirahasiakan hingga 2008.

Bekas astronot di Apollo 15, Al Worden mengatakan, pasti ada sesuatu di balik itu. “Logika memberi tahu saya, jika ada sesuatu terekam di sana, berarti ada sesuatu di sana,” katanya.

Namun, tetap saja suara itu menjadi misteri. Spekulasi pun beredar. Dugaannya, suara itu berasal dari medan magnet di atmosfer yang masuk gelombang radio. Hanya saja para ahli juga mengatakan bahwa bulan tidak punya medan magnet dan tidak cukup punya atmosfer untuk menyebabkan suara itu.(ara)

 

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …