Wow..Semua Pasar yang Dikelola Pemkot Cimahi Dipasangi CCTV

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Sebagai bentuk pengawasan dan keamanan yang lebih maksimal, seluruh pasar yang dikelola Pemerintah Kota Cimahi dipasang CCTV (Closed Circuit Television). Jumlah kamera pengawas tersebut jumlahnya berbeda di tiap pasar, tergantung kebutuhan.


Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perindustian dan Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi Fitriandy Kurniawan, saat ditemui di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusuma, kemarin.

Di Pasar Atas dipasang sebanyak 45 unit, Pasar Melong 4 unit, Pasar Cimindi 8 unit dan pasar citeureup 4 unit. “Jumlah CCTV yang dipasang dilihat dari luas bangunan pasar tersebut,” katanya.

Kamera pengawas tersebut sudah dipasang sejak akhir tahun kemarin di seluruh pasar tradisional.

Tujuannya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pedagang maupun pengunjung yang datang.

“Kita maksimalkan keamanan dan kenyamanan para penghuni pasar dan juga pengunjung. termasuk untuk mengetahui kebakaran sejak dini, sehingga nantinya bisa langsung segera dilakukan tindakan,” katanya.

Dengan adanya kamera tersebut, semua aktivitas termasuk jika ada tindak kejahatan. Seperti aksi pencurian yang sempat terjadi di pasar Atas beberapa waktu lalu.

“Di pasar atas pernah terjadi aksi pencurian dan terekam CCTV sehingga pelaku bisa langsung di tangkap. Jadi banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan adanya CCTV ini, terutama untuk meminimalisir angka kejahatan” ungkap Andy.

Sementara itu di Pasar Cimindi sudah terpasang 8 unit CCTV di sejumlah titik, diantaranya di parkir motor, di lorong pasar, di tengah-tengah pasar dan di belakang pasar.

Kepala Pasar Cimindi, Andri, mengatakan pemasangan CCTV sudah dilakukan sejak bulan november 2015. Namun saat ini kondisinya sudah ada yang rusak karena tersambar petir. “Tapi sudah kami laporkan kerusakaan ini ke dinas,” katanya

Diakui Andri keberadaan CCTV ini sangat berguna terlebih lagi di pasar cimindi tak jarang terjadi aksi pencurian kenadaraan roda dua.

“Kalau disini motor yang suka kecolongan mah. Kebetulan parkir dikelola oleh petugas dishub, bukan oleh kepala pasar. Jadi dengan adanya CCTV ini sangat efektif soalnya kan petugas kamtib (keamanan dan ketertiban) disini terbatas,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds