Ini Modus yang Dilakukan Komplotan Pencuri Raskin

POJOKBANDUNG.com, SOREANG- Jajaran Polres Bandung membekuk tiga orang pelaku pencurian beras miskin (Raskin).


Kapolres Bandung AKBP mengtakan, penangkapan pelaku pencurian raskin ketika petugas reskkrim merasa curiga dengan sebuah truk yang baru pulang dari mengantarkan beras ke dua Desa Cangkuang Kecamatan Rancaekek.

Seharusnya, truk tersebut telah usai mengantarkan raskin ke Desa Cangkuang di Kecamatan Rancaekek sebanyak 7.695 kilogram atau 153 karung dan 1.890 kilogram raskin atau 38 karung ke Desa Linggar.

“Kami kemudian menghentikan truk, setelah dilakukan pemeriksaan dan interogasi, tiga orang pelaku mengakui jika mereka mengambil raskin di tengah perjalanan saat melakukan pengiriman,”tutur Erwin, Selasa (23/2).

Modus yang digunakan oleh tiga pelaku berinisial KM (43),Us(41) dan Es (37) tersebut adalah mencolok karung beras dengan menggunakan pipa plastik yang berujung runcing untuk mengambil sebagian beras dalam karung.

Dari satu karung, para pencuri tersebut berhasil mencuri beras antara 0,5 kg- 1 kg. Untuk menghilangkan jejak, lobang bekas colokan pipa dijahit kembali. Tersangka sendiri diancam pasal 363 dan 372 KUHPindana tentang tipu gelap dengan ancaman tujuh tahun penjara.

Lebih lanjut Erwin mengatakan pihaknya terus melakukan penyelidikan kasus tersebut, terutama sistemn pengawasan dan pengamanan dari bulog saat pengiriman raskin ke Desa.

“Kejadian seperti ini sudah sering terjadi, pihak Desa juga banyak yang melaporkan jika timbangan berasnya berkurang. Kami juga sudah dua kali menangkap pelaku pencurian raskin saat pengiriman, makanya kami akan selidiki lebih lanjut,”katanya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds