Tol Citas Berubah Nama Jadi Tol Cigatas

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Rencana pembangunan jalan tol Cileunyi-Tasikmalaya akan mengalami perubahan nama. Jika sebelumnya sering disebut dengan nama tol Citas (Cileunyi-Tasikmalaya), kini diganti menjadi Cigatas yang merupakan kependekan dari Cileunyi-Garut-Tasikmalaya.


Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M. Guntoro mengatakan, masuknya nama Garut ini sesuai permintaan pemerintah dan warga yang daerahnya dikenal sebagai produsen dodol ini. Perubahan nama Citas menjadi Cigatas ini tidak menjadi soal karena jalan tol tersebut pun akan melintasi wilayah Garut yakni Malangbong.

“Mereka (Bupati dan warga Garut) protes. Kenapa lewat Garut tapi namanya tidak dicantumkan,” kata Guntoro di Gedung Sate, Bandung, Senin (22/2).

Selain itu, penggantian nama tersebut pun tidak menjadi persoalan karena tidak berpengaruh secara berarti. Lebih lanjut dia katakan, kebutuhan pembangunan jalan tol tersebut mencapai Rp 12,1 triliun yang didanai pemerintah pusat.

Dia menjelaskan, keberadaan tol ini sangat penting untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas terutama saat mudik Lebaran. “Semoga tol ini bisa beroperasi 2019,” katanya.

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan, saat ini sedang dilakukan pra studi kelayakan (feasibility study). Selanjutnya akan dilakukan studi kelayakan dari tol yang memiliki panjang sekitar 70 kilometer ini.

Pihaknya menargetkan, studi kelayakan tuntas pertengahan tahun ini. Percepatan penuntasan berbagai persiapan ini diharapkan mendorong Cigatas masuk dalam program jalan tol nasional.

“Kami sudah usulkan ke Kemen PU Pera (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) untuk masuk ke dalam program tol nasional,” katanya. Ketua Apindo Jabar Deddy Widjaja mengatakan, keberadaan tol Cigatas mutlak karena kemacetan di jalur tengah sudah semakin parah.

Saat kondisi lalu lintas padat, Tasikmalaya-Bandung bisa makan waktu hingga lima jam. Jika kegiatan distribusi terhambat, hal ini akan meningkatkan biaya pengeluaran para pelaku sehingga akan mendorong kenaikan harga.

Selain itu, kata Deddy, tol Cigatas akan memudahkan konektivitas antara wilayah barat dengan timur Jabar. Pelaku industri akan tertarik untuk pindah ke wilayah timur karena memiliki tingkat upah buruh yang lebih murah.

Menurutnya, wilayah timur akan dipusatkan pada pengembangangan industri berbasis agro karena kaya akan hasil pertanian. “Wilayah barat sudah padat, begitu pun wilayah utara Jabar. Kehadiran tol Cigatas akan membuat investor lebih tertarik untuk menanamkan modalnya di wilayah timur,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …