Rencana Proyek BIUTR Terganjal RTRW Kab Bandung

POJOKBANDUNG.com, SOREANG –  Rencana pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) di Bandung Raya yang salah satunya kawasan Kab Bandung ternyata masih belum ada kejelasan.


Beberapa hari lalu, Bupati Bandung Dadang M Naser menyebutkan jika dirinya akan segera membahas pembangunan Jalan Tol Majalaya-Bojongsoang, dimana pembangunan tersebut berkaitan juga dengan kereta cepat Jakarta – Bandung.

Bupati juga menyebutkan, seiring pembangunan jalan tol tersebut akan dilakukan pembuatan danau retensi pengendali banjir di sepanjang jalan tol.

Menurut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Kab Bandung, Yudi Haryanto, jalan tol yang disebutkan Bupati Bandung merupakan bagian dari BIUTR. Dimana, pembangunan jalan tol itu akan diawali dari Pasteur Kota Bandung ke sejumlah wilayah di Bandung Raya dan akan berakhir di Majalaya.

“Rencananya pembangunan BIUTR dari Pasteur sampai Gedebage, menyabung ke Cileunyi dan Majalaya. Ini proyek provinsi dan pusat,” tutur Yudi.

Untuk wilayah Kab Bandung, kata Yudi, masih terganjal Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang masih belum juga disahkan. Maka, pihaknya belum bisa merencanakan pembangunan tol tersebut, termasuk rencana pembangunan rute dan stasiun kereta api cepat atau LRT (Light Rail Transit) di Kab Bandung.

Yudi mengatakan, pihaknya baru mendapat sosialisasi mengenai kereta cepat Jakarta-Bandung, belum termasuk pembangunan sarana transportasi lainnya. Namun, sarana transportasi massal memang dibutuhkan warga Kabupaten Bandung.(mld)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …