Pemkot Cimahi Bakal Pungut Retribusi Tenaga Kerja Asing

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Hasil evaluasi dari Pemerintah Provinsi dan Kemendagri mengenai payung hukum terkait retribusi Tenaga Kerja Asing (TKA) berupa Perda sedang ditunggu Pemkot Cimahi.


Dengan belum adanya Perda tersebut, Pemkot belum memberlakukan penarikan retribusi terhadap TKA di wilayahnya.

“Kami belum bisa memungut retribusi dari pekerja asing. Karena Perda baru selesai dibahas sehingga perlu mendapatkan persetujuan provinsi dan pusat,” ujar Sekretaris Dinsosnakertrans Kota Cimahi Untung Undiyanto.

“Dengan kata lain, Perda yang ada itu belum bisa diundangkan karena masih perlu mendapatkan kajian dari gubernur dan Menteri Dalam Negeri,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Industrial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnaketrans) Kota Cimahi Dedi Supardi mengungkapkan TKA seharusnya bisa dipungut saat perpanjangan IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Asing).

“Setiap perusahaan wajib mengurus IMTA dengan membayar US$100 sesuai yang diatur Perda untuk setiap tenaga asing dalam jangka waktu per bulan,” ujarnya.

“Nantinya, retribusi ini masuk ke anggaran APBD Pemkot,” ia melanjutkan.

Dedi menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan jika ingin tetap mempekerjakan TKA sesuai Permenakertrans No 16 Tahun 2015.

“Beberapa persyaratan yang diajukan antara lain, alasan perpanjangan, fotokopi IMTA yang masih berlaku, NPWP perusahaan, dan fotokopi RPTKA (Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing),” imbuhnya.

Jumlah TKA di wilayahnya mencapai 120 orang. Jumlah itu cenderung tidak bertambah dalam lima tahun terakhir.  Tidak bertambahnya TKA dikarenakan mereka masih digunakan perusahaan yang lama.

“Perusahaan tersebut belum melakukan penambahan tenaga asingnya,” ucapnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …