Harga Kantong Plastik Masih Bervariasi, di Bandung Rp 200, Jakarta Rp 5.000

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- PERINGATAN Hari Peduli Sampah Nasional disambut cukup meriah oleh seluruh masyarakat Indonesia. Uji coba kantong plastik berbayar di ritel pun sudah dimulai dengan harga Rp 200 per kantong. Adapun 22 kota dan 1 provinsi sebagai langkah uji coba. Meski, tak menutup kemungkinan dilakukan oleh seluruh retail di Indonesia.


Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebutkan bahwa harga Rp 200 menjadi sebuah kesepakatan berdasarkan Surat Edaran Kementerian LHK Nomor 5.1230/PSLB3-PS/2016. ”Ternyata banyak walikota yang menginginkan melebihi dari harga tersebut,” jelasnya.

Adapun, pengajuan harga di tingkat kota/provinsi pun cukup beragam. Yakni, harga kantong plastik di Makasar Rp 4.500, DKI Jakarta Rp 5.000, dan Balikpapan Rp 1.500. Siti pun menyikapinya dengan terbuka dan menghormati keputusan dari para walikota maupun gurbernur setempat.

”Ini masih ujicoba. Disesuaikan dengan surat edaran kita saja biar masyarakat tahu dulu,” jelasnya. Meski, berdasarkan survei yang dilakukan KLHK sebelum keluarnya kebijakan ini, masyarakat menyebutkan harga ideal kantong plastik berbayar berkisar Rp 500-1.500.

Nantinya, kesepakatan harga pun akan ditetapkan setelah evaluasi pada 3 bulan ke depan. Yakni, 5 Juni 2016 saat uji coba ini selesai. Setelah itu, pihaknya akan mengatur mekanisme harga dan mekanisme penerapan dalam Peraturan Menteri.

”Ada 22 kota, 1 provinsi yang turut andil bagian, tapi katanya Aprindo, seluruh retail menyanggupi. Kami sih mendukung,” jelasnya.

Siti pun menjelaskan, harga yang diajukan akan didiskusikan terlebih dahulu. ”Akan dibicarakan kembali dengan retail dan walikota. Yang terpenting, dana itu harus kembali ke masyarakat,” ungkapnya.

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …