48 Kios di Pertokoan Jaya Plaza Ludes dalam 9 Jam

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah berjibaku dengan api sedikitnya 9 jam, akhirnya petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api di kawasan pertokoan Jaya Plaza Jalan Ahmad Yani Nomor 238 RT06/RW 01 Kelurahan Kacapiring Kecamatan Batununggal, Bandung, Senin(22/2).

Kabid Pemadaman Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran kota Bandung, Yosep Heryansyah, mengungkapkan‎ sebanyak 48 kios di lantai 2 ludes terbakar. Tak hanya itu sejumlah gudang di lantai 3 yang merupakan eks bioskop juga turut dilumat api.

“Alhamdulilah setelah dilakukan pemadaman isolasi dan penyekatan ruangan, api tidak sampai menyebar ke lantai lainnya,” kata ‎Yosep, Senin.

Yosep mengungkapkan, berkat kerja keras petugas dan juga masyarakat, kurang lebih 120 kios di lantai 1 dan 100 kios di basement dapat terselamatkan. ‎Beberapa kendala saat melakukan pemadaman, ungkapnya, adalah sulitnya mencari titik sumber api karena asap yang pekat dan material yang mudah terbakar seperti barang elektronik plastik dan lainnya.

Dikatakannya, damkar mengerahkan ‎ 19 unit terdiri dari 10 unit pancar 2 rescue 1 snorkel dibantu 3 pancar Kota Cimahi 2 pancar Kabupaten Bandung Barat dan 1 pancar Kabupaten Bandung.

“Banyak toko yang tutup dan roling doornya terkunci sehingga kami kesulitan untuk membongkar. Anggota kami harus memakai briting aparatus (tabung dan masker udara) sehingga 4 orang petugas nyaris pingsan karena kelelahan dan panasnya suhu udara ruangan yg mencapai kurang lebih 200 derajat,” tandas Yosep.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds