Wow…Bank Bjb Perluas Layanan E-Samsat

logo bjb

logo bjb

 
POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Setelah sukses pasca dilaunching pada 2014 lalu, kini pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui layanan E-Samsat Jabar dan jaringan ATM bank bjb semakin diperluas.
Usai Bandung dan wilayah lain yang berada di wilayah hukum Polda Jabar, sekarang warga Bekasi dan Depok pun bisa menggunakan layanan tersebut sehingga tidak perlu datang ke Kantor Samsat.


Hal ini dilakukan bank bjb untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran PKB.Demi kebutuhan tersebut, bank bjb bekerjasama dengan Dispenda Provinsi Jabar, Polda Metro Jaya, dan PT. Jasa Raharja Jabar menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) yang menandai dimulainya terobosan baru dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan ini.

Direktur Komersial bank bjb Suartini mengatakan, kerjasama ini dilakukan dalam upaya mengakomodir kebutuhan dan kemudahan masyarakat atau wajib pajak dalam melakukan pembayaran PKB untuk Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Pembayaran PKB untuk wilayah Bekasi dan Depok kini bisa melalui layanan E-Samsat Jabar dan jaringan ATM bank bjb di seluruh Indonesia,” ujarnya usai penandatanganan perjanjian kerjasama di Menara bank bjb, Jumat (19/2).

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Komersial bank bjb Suartini, Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Jabar Dadang Suharto, Dirlantas Polda Metro Jaya Risyapudin Nursin, dan Kepala Cabang PT.Jasa Raharja (Persero) Jabar Deliya Indra.

Menurut Suartini, layanan E-Samsat Jabar merupakan program unggulan atau terobosan baru dan yang pertama di Indonesia.Karena untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan tahunan, wajib pajak tidak perlu datang ke Kantor Samsat karena bisa melalui ATM bank bjb di seluruh Indonesia.
Dijelaskan, untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan tahunan, warga Bekasi dan Depok tak perlu datang ke Kantor Samsat.Cukup mengirimkan SMS ke 08112119211 (SMS Samsat).Kemudian setelah mengirim SMS, wajib pajak akan mendapatkan kode bayar.Kode tersebut selanjutnya digunakan wajib pajak untuk melakukan transaksi pembayaran di seluruh ATM bank bjb dengan total 1300 ATM yang tersebar di wilayah Indonesia.

“Hal tersebut merupakan komitmen pemerintah yang bekerja sama dengan perbankan dalam melakukan pelayanan prima kepada masyarakat dalam hal ini wajib pajak secara cepat, tepat dan praktis,” terangnya.

Dipaparkan lebih lanjut, layanan ini juga bisa mengoptimalisasi pendapatan daerah dalam hal penerimaan PKB.
Adapun layanan ini melingkupi pembayaran PKB, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ), serta registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, juga pengesahan STNK tahunan di daerah hukum Polda Jabar melalui ATM bank bjb.

Suartini menambahkan, kerjasama ini juga sebagai bentuk komitmen bank bjb sebagai bank nasional yang memiliki salah satu misi sebagai penggerak laju perekonomian daerah, serta untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Layanan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak daerah, khususnya PKB,” imbuhnya.

“Bank bjb senantiasa terus meningkatkan layanan terhadap masyarakat dan para nasabahnya. Melalui layanan ini para wajib pajak dapat semakin mudah membayar pajak melalui jaringan ATM bank bjb di seluruh Indonesia secara real time online,” kata Suartini menambahkan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Jabar Dadang Suharto menuturkan, jumlah kendaraan di Jabar mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.Rata-rata jumlah kendaraan di Jabar tumbuh 15-20 % per tahun.Hingga akhir Desember 2015, jumlah kendaraan bermotor aktif mencapai kurang lebih 14,7 juta kendaraan dengan jumlah wajib pajak kendaraan bermotor sekitar 12 juta wajib pajak.Namun dari sekian banyak jumlah wajib pajak, hanya 80 % yang patuh dan taat membayar membayar PKB.

“Inovasi layanan terus kita kembangkan.Mulai dari jemput bola hingga kerjasama dengan perbankan,” ungkapnya.

Sementara itu Dirlantas Polda Metro Jaya Risyapudin Nursin menyambut baik kerjasama ini.Sebab dengan semakin mudahnya pembayaran pajak kendaraan, akan membuat masyarakat dalam hal ini wajib pajak lebih taat hukum.(*).

Loading...

loading...

Feeds

Energi Postif Moonraker untuk Kemajuan Daerah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Bukan lagi zamannya ugal-ugalan dijalanan. Apalagi melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Stigma negatif …