Peringati Hari Sampah, Aktivis Subang Gelar Aksi Sosial

aksi peringati hari Sampah di Subang.

aksi peringati hari Sampah di Subang.

POJOKBANDUNG.com, SUBANG– Peringati Hari Sampah Nasional, sekitar 70 aktivis lingkungan di Subang melakukan aksi sapu bersih sampah. Aksi sosial ini dilakukan di sekitar lokasi Pasar Panjang dan Pasar Baru Subang, Minggu (21/2).


Sebanyak 70 aktivis itu berasal dari komunitas peduli lingkungan Subang, PA Wana Putra, PA Wana Bhakti, LSM MAPAS,LSM AKAR, Paguyuban Silat Pajajaran, Gema Keadilan, RAMPES, dan FK3I.

Pegiat RAMPES, Asep Saevata, yang biasa disapa Kang Alam Rancatan, mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda rutin para pegiat lingkungan.
Dan sebelum terjun ke lapangan, mereka terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat setempat dan pihak terkait lainnya.

“Kenapa kita memilih di lokasi Pasar Panjang, sebagai titik awal aksi, karena kami melihat kondisi di seputar pasar banyak sampah. Terutama area lahan bekas pasar inpres, yang keberadaan lahan bekas pasar itu tak terawat,” kata Alam.

Karena sesudah dilakukan analisa di lokasi tersebut, tambah dia, tidak sedikit warga yang beranggapan bahwa lokasi itu merupaakan tempat pembuangan sampah, khususnya bagi warga lingkungan setempat.

“Kami berharap kepada pemerintah, dari pada lahan itu dibiarkakan tidak terrawat,lebih baik dijadiikan lahan terbuka atau taman tempat bermain sekaligus juga sebagai paru paru kota Subang,” jelas pria yang selalu tampil dengan Iket kepala khas Subang ini.

Selain itu,kerusakan sungai ini akibat limbah rumah tangga,dan sampah, menjadi salah satu permasalahan yang sudah seharusnya mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten Subang melalui 5 Program Gapura nya Subang,salah satunya Program Gapura Serasi (Sehat dan Bersih).

“Karena akibat limbah, kondisi air di sungai menjadi keruh dan kotor. Salah satunya air Sungai Cileuleuy.Karena selain disebabkan oleh sampah, lebih lebih menjadi tempat pembuangan akhir (TPA) dan aktivitas galian C,” jelasnya.

Menanggapi tentang ke 5 Program GAPURA Subang,salah satunya Program Gapura Serasi (Sehat dan Bersih), Alam mengatakan, bahwa niat Pemkab Subang, mewujudkan Kabupaten Subang menjadi salah satu Kabupaten sehat dan bersih di Provinsi Jabar, tentunya pihak Pemkab harus lebih serius lagi untuk misi tersebut.

” Karen hingga saat ini sarana dan tempat pembuangan sampah belum maksimal.Ini bisa dikatan salah satu bukti kurang seriusnya pihak Pemkab Subang dalam mengatasi permasalahan sampah,” pungkasnya.

Dalam aksinya itu, ratusan karung sampah berhasil mereka kumpulkan, kemudian diangkut kendaraan Dinas Kebersihan.

” Kita di sini tidak muluk – muluk, kami hanya ingin daerah di sekitar ini terbabas dari sampah, karena di sini tempatnya masyarakat betaktivitas,” kata Andi salah seorang pegiat.(anr)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …