Aset Pemda KBB Kerap Bermasalah

gedung Pemkab Bandung

gedung Pemkab Bandung

 


POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Permasalahan Aset masih menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat sejak resmi dimekarkan dari Kabupaten Bandung pada 2007. Pasalnya, sejak resmi dimekarkan, permasalahan aset masih saja ada hingga saat ini.

Aset sendiri menjadi permasalahan yang terus menjadi isu dalam setiap pemberian opini oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) kepada Pemkab Bandung Barat atas setiap Pemeriksaan LKPD (Laporan keuangan pemerintah daerah).

Sekda Kabupaten Bandung Barat (KBB) Maman S Sunjaya mengatakan, meski tahun sebelumnya meraih predikat WDP (wajar dengan pengecualian) dari BPK terkait LKPD khususnya menyangkut persoalan aset, namun untuk aset ini setiap tahunnya selalu ada peningkatan kearah yang lebih baik.

“Terkait Aset ini tiap tahunnya ada perubahan, walaupun statusnya masih WDP tapi dalam rekomendasinya (catatan BPK) selalu ada perubahan,” ungkap Sekda Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya saat ditemui wartawan di Ngamprah, kemarin.

Perbaikan dalam pengelolaan administrasi aset tersebut, kata Maman, seperti yang telah dilakukan pihaknya di ketiga dinas berdasarkan rekomendasi tahun sebelumnya dari BPK, yakni Dinas Binamarga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) dan Dinas Cipta Karya. “Alhamdulilah ada perkembangan, harapan ada tapi jangan takabur (untuk meraih WTP, Red) biar BPK yang memeriksa, tapi dalam sisi pengadministrasian saya rasa sudah ada peningkatan,” ujarnya.

Menyangkut persoalan aset ini, dikatakan Maman, pihaknya selalu didampingi oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) sebagaimana yang disarankan oleh Inspektorat BPK. Bahkan terkadang pihaknya pun melibatkan pihak ketiga untuk pengelolaan aset tersebut.

Kendati demikian yang menjadi persoalannya hingga saat ini, pihaknya sering mendapati sejumlah catatan mengenai aset dari induk (Kabupaten Bandung,Red) yang masuk ke dalam catatan aset Bandung Barat pada saat pelimpahan, sementara pada kenyataannya sendiri aset tersebut sudah tidak ada.

“Misalkan dalam catatan di induk ada tanah Disdik tapi sebenarnya dari sejak dulupun aset itu sudah tidak ada di lapangan, jadi kalau bicara aset Bandung Barat jangan bicara Bandung Barat, tapi bicara aset Kabupaten Induk yakni Kabupaten Bandung yang telah lama berdiri,” terangnya.

Begitupun dengan aset lainnya, Ia mencontohkan, seperti aset kendaraan yang dulunya merupakan aset Kabupaten Bandung yang masuk pada catatan aset Kabupaten Bandung Barat sementara di lapangan asetnya sendiri sudah tidak ada. “Seperti Motor terus kendaraan bak terbuka yang tadinya aset Kabupaten Bandung, itu masih tercatat, sementara pisiknya dari dulu juga sudah tidak ada,” katanya.

Menyangkut persoalan itu, kata Maman, pihaknya dalam waktu dekat akan memohon kepada Bupati Bandung Barat melalui sekretaris daerah selaku pengelola aset daerah agar melakukan penghapusan untuk sejumlah aset-aset yang sebenarnya sudah tidak ada tapi masih tercantum dalam catatan aset Pemda.

“Kami juga sebumnya sudah harus ada tim karena nanti ada pengecekan ke bawah dan itu harus dipertanyakan kenapa tidak ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat ini sedang melakukan pemeriksaan terkait LKPD Pemkab Bandung Barat untuk tahun anggaran 2015 . Pemeriksaan tersebut, akan dilakukan hingga 20 Maret kedepan. Hasil dari pemeriksaan itu yang nantinya akan memunculkan opini apakah Pemkab Bandung Barat meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atau WDP kembali atau malah Disclamer (ditolak).

Seperti diketahui beberapa tahun terakhir ini, Pemkab Bandung Barat selalu mendapatkan opini WDP dari BPK atas LKPD tersebut. Raihan WDP tersebut, salah satunya disebabkan oleh permasalahan aset. “Kami berharap opini nanti meningkat dari WDP ke WTP (Wajar Tanpa Pengecualian,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …