Rossi Pilih Motor Lama untuk Musim Balapan 2016

Valentino Rossi dan Movistar Yamaha MotoGP saat menjalani MotoGP Test Day di Phillip Island Grand Prix Circuit, Phillip Island, Australia. Foto: Zimbio

Valentino Rossi dan Movistar Yamaha MotoGP saat menjalani MotoGP Test Day di Phillip Island Grand Prix Circuit, Phillip Island, Australia. Foto: Zimbio

POJOKBANDUNG.com, PHILLIP ISLAND- Motor YZR-M1 generasi 2016 ternyata tak cocok dengan karakter balap bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi. Untuk musim ini dia memutuskan untuk mengendarai motor lama 2015 dengan beberapa suku cadangan memakai versi anyar.


Saat uji coba kedua di Australia berakhir Rossi finis sebagai pembalap tercepat Yamaha dengan bertengger di urutan kelima daftar pencetak lap terbaik. Waktunya lebih lambat 0,277 detik dari rider tercepat Marc Marquez (Repsol Honda).

Datang ke Phillip Island baik Rossi dan rekan setimnya Jorge Lorenzo memang dibekali dengan dua motor dengan spesifikasi berbeda. Pertama motor yang lebih mirip dengan versi lama 2015 (hybrid) dengan sedikit modifikasi. Kedua motor baru 2016 yang mengalami perubahan radikal, seperti saluran bahan bakar di belakang sadel.

Di hari ketiga uji coba hari ini the Doctor menghabiskan waktu seharian dengan motor hybrid. Yakni rangka tahun lalu, tapi menggunakan mesin dan suspensi baru, serta sistem elektronik standar. “Hari ini kami membandingkan dua motor berbeda dan kami akan menggunakan motor yang lebih mirip dengan spek musim lalu,” terang juara dunia MotoGP tujuh musim tersebut.

Setelah mengevaluasi hasil keseluruhan uji coba di Australia Rossi mengaku cukup puas dengan kemajuan yang didapatnya. Dia mengklaim kini performanya semakin mendekati rekan setimnya Lorenzo dibandingkan saat uji coba pertama di Sepang. “Uji coba yang positif, khusunya kemarin (Kamis). Tapi juga hari ini,” papar rider kelahiran Urbino tersebut dikutip Crash.

Mengenai perbedaan mendasar dari dua motor tersebut pembalap yang baru merayakan ulang tahun ke-37 pada 16 Februari tersebut mengatakan motor 2016 sedikit bermasalah saat memasuki tikungan. Meski selisih waktunya dengan saat menggunakan motor lama hanya tipis saja, data menyebutkan bahwa performa Rossi lebih lambat.

“Aku lebih memilih motor 2015 karena aku lebih cepat. Aku juga merasa lebih baik saat mengendarainya, khususnya bagian depannya,” terangnya. Masalah yang banyak dirasakan rider MotoGP dengan ban baru Michelin adalah kurangnya cengkeraman roda depan. Dengan motor lama itu Rossi merasa bisa memasuki tikungan dengan lebih mulus.

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …