Ahli Museum Geologi dari 19 Negara Gelar Konferensi Internasional

Ahli museum Geologi dari 19 negara menggelar konferensi internasional bertajuk CollAsia International 2016 di Ballroom Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan. Foto : Mochamad Habibie

Ahli museum Geologi dari 19 negara menggelar konferensi internasional bertajuk CollAsia International 2016 di Ballroom Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan. Foto : Mochamad Habibie

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Para pekerja ahli museum Geologi dari 19 negara menggelar konferensi internasional bertajuk CollAsia International 2016 di Ballroom Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan Kab Bandung Barat (KBB).


Konferensi bertujuan meningkatkan kemampuan serta keahlian para pekerja museum, sekaligus meningkatkan kepedulian publik terhadap pelestarian warisan bangsa, baik yang disimpan di museum atau di suatu kawasan.

Kegiatan diselenggarkan atas kerjasama ICCROM, Culture Heritage Administration (CHA) Korea, museum Geologi Bandung, Geological Agency dan ministry of energy and mineral resourses dan rencananya akan berlangsung hingga 8-26 Februari 2016.

Kegiatan CollAsia 2016 ini diikuti 19 participan dan course tim, yang berasal dari 19 negara, yakni Bhutan, Brunei, Malaysia, Myanmar, Nepal, Philippines, Thailand, Vietnam, Indonesia. Selain itu juga empat orang peserta sebagai observer dari Indonesia.

Sementara untuk narasumber, selain dari Indonesia, ada juga yang berasal dari Brazil, Cambodia, Guatemala, Italia, Korea Selatan, Malaysia, Mexico, Tunis, Inggris, dan Indonesia.

Staf Ahli lingkungan dan Tata ruang Kementerian ESDM Yun Yunus mengatakan, badan Geologi Kementerian ESDM telah lama memikirkan museum-museum geologi di Indonesia terutama menyangkut sisi edukasinya.

“Jadi meski museum sudah ramai dikunjungi tapi pertanyaannya apakah sudah memberikan edukasi yang baik? Atau dari sisi pelayanannya sudah memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Yun mengatakan, pihaknya berharap keberadaan museum-museum geologi di Indonesia seperti museum di luar negeri yang bisa dijadikan sebuah wahana atau tempat Agen of Change (agen perubahan) dalam hal ilmu pengetahuan.

Loading...

loading...

Feeds

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Rizieq Syihab Terancam Pidana

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab telah meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi di Kota Bogor, Sabtu (28/11).