Preview AS Roma Vs Real Madrid, Cek Disini

youtube

youtube

POJOKBANDUNG.com, ROMA – Kalau di level lokal, AS Roma bisa dibilang sama-sama tim elite dibandingkan Real Madrid. Namun, apabila membandingkan kedua tim itu di level Eropa, terutama Liga Champions, ibarat apel berbanding kesemek.


Bagaimana tidak, Real adalah tim dengan rekor koleksi trofi Liga Champions terbanyak dengan sepuluh gelar. Lalu Roma hanyalah tim yang baru sekali menggapai final Liga Champions, kala masih bernama European Cup pada 1984.

Jadi, kalau banyak yang meyangsikan Roma bisa menaklukkan Real di babak 16 besar Liga Champions, memang sulit. Ibarat serigala menatap rembulan yang tak terraih. Tetapi, tentu tidak haram bagi Roma untuk bermimpi bisa mengalahkan Real pada first leg babak 16 besar.

Berulangkali I Lupi, julukan Roma, meretas jalan menggapai final, tetapi apa daya tangan tak sampai. Hanya bisa gigit jari. Berulangkali pula. Sejak kekalahan di final oleh Liverpool melalui adu penalti pada 1984, delapan kali mereka mencapai fase knockout dan selalu gagal mengulang sukses masa silam.

Paling mentok Roma hanya menggapai perempat final pada 2006-2007 dan 2007-2008. Menariknya, sosok di belakang prestasi terbaik Roma itu adalah Luciano Spalletti. Sekarang, bersama pelatih plontos itu harapan kembali diapungkan.

“Itu sulit, tetapi itu bukan hal yang tidak mungkin,” ungkap gelandang Roma Seydou Keita kepada Roma Radio.

Benar kata Keita. Keunggulan sejarah, pencapaian, dan rekor head-to-head bisa dihentikan dengan dua hal. Pertama, dengan kutukan tanah Italia di dalam histori Real. Klub terkaya di dunia itu sudah delapan kali berkunjung ke Italia. Hasilnya, empat kali imbang dan empat kali Real terkapar di Italia.

Roma merupakan salah satu tim penakluk Real di Italia bersama AC Milan, Torino, dan Juventus. Bukan hanya menaklukkan Real di Italia, di Madrid pun Roma pernah melakukannya pada edisi 2007-2008.

Dari situlah muncul faktor kedua, yang bernama Spalletti. Di bawah arahan Spalletti pada 2007-2008, Roma menyingkirkan Real pada babak 16 besar melalui double KO. Menang 2-1 di Olimpico dan 2-1 di Santiago Bernabeu.

Dalam konferensi persnya di Trigoria, tadi malam WIB, Spalletti langsung melancarkan ancaman kepada Los Blancos – julukan Real. “Real Madrid, saya sudah tahu siapa kalian,” ancamnya sebagaimana dikutip dari Football Italia.

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …