Kinerja Pemkab Bandung Barat Dapat Nilai C, Kok Bisa?

Komplek perkantoran Pemkab Bandung Barat. Foto: bandungbaratkab

Komplek perkantoran Pemkab Bandung Barat. Foto: bandungbaratkab

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat mendapatkan nilai C dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).


Penilaian didapatkan karena masih kurang maksimalnya kinerja pemerintah terhadap pelayanan kepada masyarakat sepanjang tahun 2015.

Menurut Wakil Bupati Bandung Barat, Yayat T Soemitra mengungkapkan, penilaian Kemenpan-RB harus dijadikan bahan intropeksi untuk meningkatkan kinerja sejumlah SKPD dalam melakukan perencanaan hingga pelaksanaan.

“Dengan mendapatkan predikat C, berarti harus kerja keras lagi walaupun poinnya naik, Kabupaten/kota lain saja bisa, kenapa kita tidak bisa? Kita targetkan di tahun depan bisa meraih nilai A,” kata Yayat.

Yayat menuturkan, penilaian Kemenpan-RB hasil Laporan Kinerja Pegawai. Mulai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, ukuran keberhasilan kinerja hingga pelayanan ke masyarakat.

“Mulai perencanaan dan tujuan jadi penilaian juga. Setelah itu dilihat ukuran keberhasilan setelah melakukan program itu berhasil atau tidak, hingga evaluasi. Semua itu jadi penilaian,” katanya.

Selain perencanaan, sebutnya, evaluasi dan pelayanan yang dianggap masih lemah juga terkait menentukan target atau sasaran jangka panjang dan dekat melalui program yang dilaksanakan setiap tahun.

“Merumuskan tujuan atau sasaran, bukan hanya menjalankan program dan menghabiskan anggaran, ukuran keberhasilan dengan indikator kepuasan masyarakat sebagai alat ukur terhadap tujuan dan usaha tadi dalam bentuk target. Dimana kita masih dianggap masih ada kelemahan terhadap target jangka oendek dan jangka panjang,” tuturnya.

Loading...

loading...

Feeds