Inilah Toko Roti-Kue Enak dan Halal di Bandung

Produk roti dan kue di Gerai Kampoeng Bakery. (Djarot PH)

Produk roti dan kue di Gerai Kampoeng Bakery. (Djarot PH)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kota Bandung pantas dijuluki surganya bagi pecinta kuliner.  Beragam jenis panganan dan jajanan tersedia di gerai maupun restoran yang bertebaran di kota berjuluk Parijs van Java ini. Tak heran Bandung menjadi pusat destinasi wisata kuliner bagi para pelancong dalam maupun luar kota Bandung.

Salah satu gerai makanan dan minuman yang baru saja dibuka di Kota Bandung, tak salah untuk dikunjungi. Terlebih, gerai yang mengusung nama Kampoeng Bakery (Kambek) ini, menawarkan jajanan roti dan kue enak dan halal.

Aneka jenis roti Kampoeng Bakery. (Djarot PH)

Aneka jenis roti Kampoeng Bakery. (Djarot PH)

Pembukaan gerai Kampoeng Bakery yang dibawah naungan Elfood ini, dilatarbelakangi kekhawatiran Elidawati Alioemar selaku Chief Executive Officer (CEO) Elfood terhadap penggunaan bahan nonhalal dalam produksi makanan.  Sebab itu, dia tergerak untuk memproduksi makanan halal, khususnya untuk jenis roti dan kue.

Menurut Elidawati,  Kampoeng Bakery (Kambek) merupakan gerai pertamanya yang berlokasi di Istana Pasteur Regency CRA 51 Bandung. Di gerai ini, tersaji berbagai jenis kue dan roti unggulan seperti Breadboy, Miss Donuts, Bolen Kambek, Brownies Kambek, Bolu Kambek hingga aneka roti gurih. Elida menjamin, semua bahan baku dan proses produksi panganan itu, benar-benar halal.

Donat juga tersedia. (Djarot PH)

Donat juga tersedia. (Djarot PH)

“Selain memberi kemudahan, kemajuan teknologi pangan juga menimbulkan kekhawatiran dengan adanya penggunaan bahan-bahan nonhalal dalam proses produksinya,” ujar Elidawati.

Elida mencontohkan, dalam pembuatan roti sering digunakan shortening untuk memberi tekstur lembut. Nah, shortening ini ada beragam jenis yang bisa saja mengandung bahan nonhalal. “Tentunya harus dipilih shortening dari lemak sapi yang sudah terjamin kehalalannya yang diperkuat dengan sertifikasi halal,” ungkap perempuan pebisnis yang sukses dengan brand hijabnya itu.

Aneka roti. (Djarot PH)

Aneka roti. (Djarot PH)

Sama halnya dengan ragi, lanjut Elidawati, bahan pengembang dan pelembut lainnya. “Ragi yang berbentuk padat, umumnya sering ditambah dengan pengemulsi yang bisa saja menggunakan lemak hewani yang diragukan kehalalannya,” jelasnya.

Sebab itu, kendati masih dalam tahap proses sertifikasi, Elidawati menegaskan, Kampoeng Bakery sudah menggunakan bahan baku dan alat-alat bersertifikat halal. “Semua bahan-bahanuntuk pembuatan roti hingga cake, kami sudah menggunakan bahan-bahan bersertifikat halal,” tandas Elidawati.

Roti pizza. (Djarot PH)

Roti pizza. (Djarot PH)

Setelah peresmian di Bandung, Elfood akan ekspansi dengan membuka 30 outlet di seluruh Indonesia. “Setelah Bandung, kami akan membuka 30 outlet lagi di seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat akan membuka cabang di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Brand Kampung Kopi serta Bread Boy juga akan meramaikan outlet-outlet di sekitaran Bandara, tentunya dengan harga yang kompetitif,” pungkas Elidawati.

Acara peresmian Kampoeng Bakery dihadiri Suherman Ediansyah MAg, selaku perwakilan MUI Jabar. Menurut Suherman, agar jelas mana yang halal dan haram, LPPOM MUI mengeluarkan sertifikat halal. Ada dua jenis halal yaitu halal material dan formal. “Halal material dapat dilihat dari bahan dan alat yang tidak mengandung hal-hal yang dilarang agama dan halal formal, bahan baku bersertifikasi halal agar tidak meragukan umat Islam,” tutur Suherman. (nto)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …