Anggaran MCK Sabermas Selangit

MCK

MCK

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Proyek pembangunan MCK pada kegiatan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Provinsi Jawa Barat dinilai mahal. Belum lagi masyarakat desa di Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, yang terkena dampak pembangunan tidak mengetahui sumber dana dan pelaksananya.
Sejumlah sumber penting pun yang ditemui di lapangan, menilai proyek pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sabermas) yang menjadi proyek unggulan Pemerintah Provinsi Jabar ini adalah proyek gagal dan berpotensi merugikan keuangan negara.

Fakta yang ditemukan di lapangan, di beberapa desa di Kecamatan Pacet, yang dikerjakan oleh CV Berlian Jaya beralamat Jl RE Martadinata No 98 Kel Maleber Kab Ciamis hasil pekerjaan asal-asalan.
Contohnya, pembangunan pengelolaan sampah di Kampung Pasirkondang Desa Mandalahaji Kec Pacet Kab Bandung kondisinya sangat memprihatinkan, karena sampai 24 Januari 2016 bangunan tersebut tidak berfungsi. Selain itu, bagunannya sudah banyak yang rusak dan kotor.

Bagaimana tanggapan Diskimrum Jabar? Jawaban yang disampaikan pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Diskimrum Jabar, Asep Supriatna, yang tertuang dalam surat No.487/258/KIM tertanggal 9 Februari 2016 tidak merinci secara detail mengenai luas MCK, tapi hanya merinci harga/meter MCK.

Tak hanya itu. Asep juga tidak membantah keterangan Asep, Kasi Pembangunan Desa Sukarame tentang anggaran Rp 1.056.837.100. Juga terdapat kesimpangsiuran informasi yang disampaikan. Contohnya pembangunan TPST dengan luas 255 m2 dengan harga terkontrak Rp 1.145.000/m2. Bahkan pembangunan proyek selesai dikerjakan 2015, bukan seperti disampaikan Diskimrum Jabar seluruh bangunan selesai pada 24 Desember 2014.

PPTK Sabermas 2014 Kimrum Jabar, Andria Sukowati membenarkan tidak ada bangunan tempat pengelolaan sampah terpadu di Desa Sukarame Kec Pacet dan tahun 2014 tersebut hanya dibangun 4 MCK. “Memang awalnya dilakukan survei tapi pembangunan tidak terjadi dan proyek Sabermas 2014 dari admistrasi pemeliharaan sampai Juni 2015,” terang Andria.

Sementara, Bakiudin staf teknis Kimrum Jabar menjelaskan, luas MCK bervariasi sesuai lahan yang disediakan desa. Untuk bangunan MCK 2014 ada 11 MCK, yaitu Desa Mandalahaji 5 MCK, Sukarame 4 MCK dan Tanjungwangi 2 MCK.
“Secara kontraktual laporan serah terima kegiatan 100 persen dari kontraktor pelaksana pembangunan Sabermas Desa Sukarame tanggal 12 Desember 2014, Desa Mandalahaji tanggal 24 Desember 2014 dan Desa Tanjungwangi tanggal 24 Desember 2014,” terang Bakiudin. (man/mun)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …