Wuiih.. Jabar Siap Tambah Tiga PTN Baru Tahun Ini

Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Dunia pendidikan tinggi di Jawa Barat terus berkembang. Buktinya, tahun ini Jabar akan menambah tiga perguruan tinggi negeri (PTN) baru. Penambahan PTN ini untuk meningkatkan angka partispasi kasar (APK) PTN Jabar yang sekarang ini baru mencapai sekitar 17 persen.

“Tahun ini akan ada tiga PTN baru, ada ITB Cirebon, ITB Bekasi dan IPB Sukabumi,” ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan kepada wartawan seusai rapim di Gedung Sate, Selasa (16/2/2016).

Menurut gubernur yang akrab disapa Aher ini, untuk kampus PTN-PTN baru tersebut telah disiapkan lahannya. Untuk di Cirebon disediakan lahan seluas 18 hektare, Bekasi 40 hektare dan Sukabumi 11 hektare.

Sedangkan untuk penyelenggaraan pendidikan di luar lahan, menurut Aher, Pemprov Jabar telah menyiapkan masing-masing Rp 20 miliar.

Terkait program studi (prodi), lanjut Aher, di Cirebon akan dibuka 2 prodi, Bekasi 3 prodi sedangkan untuk IPB Sukabumi masih dalam pembahasan.

“Prodi yang akan dibuka itu yang sesuai dengan kebutuhan daerah. Saya tidak tahu prodinya apa saja, tapi kalau yang IPB masih dalam pembicaraan,” ungkap Aher.

Aher berharap, ketiga PTN tersebut bisa launching pada semester depan yakni sekitar Mei-Juli. Sementara, PTN tersebut akan menggunakan gedung yang berada di kawasan yang sama.

“Bangunan sementara mencari kawasan terdekat dulu, bisa bangunan sederhana seperti sekolah atau ruang tidak terpakai kita manfaatkan. Yang penting gema-nya dulu yang hebat. Ada ITB Cirebon, Bekasi dan IPB Sukabumi dibuka,” jelas Aher.

Dengan penambahan PTN tersebut, Aher berharap, APK perguruan tinggi bisa naik di kisaran angka 20-30 persen. (dtc)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …