Kodam III/Siliwangi Bangkitkan Semangat Bela Negara Generasi Muda

latihan wawasan kebangsaan

latihan wawasan kebangsaan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kodam III/Siliwangi tidak pernah henti memupuk semangat bela negara dan pemberian wawasan kebangsaan kepada generasi muda, untuk menghadapi ancaman nyata kehidupan bangsa. Tidak saja dilakukan di tingkat Kodam, upaya tersebut terus dilakukan hingga ke jajaran Koramil.


Di sisi lain generasi muda adalah aset bangsa, masa depan bangsa dan negara akan bergantung kepada generasi muda sebagai pewaris tongkat estafet dari generasi sebelumnya.

Salah satu koramil yang juga berupaya mensosialisasikan wawasan kebangsaan untuk memupuk semangat bela negara serta membekali dan mempersiapkan generasi muda bangsa adalah Koramil 1803/Andir, Kodim 0618/BS.

Koramil 1803/Andir menggelar kegiatan pembekalan Wawasan Kebangsaan terpadu bersama Polsek dan Kec Andir di SMAN 4 Bandung Jalan Gardujati No 20 Kota Bandung, Senin (15/2) keamrin.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera yang diikuti seluruh siswa, guru, komandan dan anggota Koramil 1803/Andir serta Wakapolsek bersama anggota Polsek Andir. Bertindak selaku Inspektur upacara Camat Andir Novidi MSi didampingi Danramil 1803/Andir Mayor Inf Usep Setiawan, Wakapolsek Andir AKP Heri serta Kepala Sekolah SMAN 4 Bandung Dra Entin Kartini MM.

Mayor Inf Usep Setiawan mengatakan, wawasan kebangsaan adalah cara pandang Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya meliputi wilayah darat, air dan udara beserta batas-batas wilayahnya yang harus dilindungi, amankan dan pertahankan dari gangguan dan rongrongan baik dari dalam maupun luar negara.

Lebih lanjut dikatakannya, setiap siswa sebagai generasi penerus bangsa harus berwawasan kebangsaan yang mempunyai jiwa patriotis. “Bela negara merupakani rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia dan mempunyai disiplin, agar dapat lebih maju dalam belajar sehingga tercipta bangsa yang pandai serta agar menjauhi bahaya narkoba yang dapat merusak moral bangsa,” ujar Mayor Inf Usep Setiawan.

Sementara, Camat Andir menyampaikan pentingnya memelihara K3 khususnya di sekitar sekolah agar tercipta lingkungan didik yang bersih, nyaman dan indah. Sedangkan, Wakapolsek menyampaikan bahwa dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang tangguh harus terbebas dari pengaruh alkohol dan narkoba.

Setelah kegiatan upacara bendera, dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan oleh Serma Dede Haenudin di aula SMAN 4 dan bahaya Narkoba oleh Ipda Engkon. Dalam kegiatan tersebut, siswa juga dikenalkan senjata FNC serta Pistol FN 46.
Di lain tempat, dengan kegiatan yang sama, Danramil 1809/Buah Batu Kodim 0618/BS. Kapten Inf M Yusuf melakukan upaya membangun dan mensosialisasikan wawasan kebangsaan di SMA 25 Kota Bandung. (Pendam III/Siliwangi)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …