Kecamatan Bandung Kidul Punya Program Serupa Teras Cikapundung

Taman Teras Cikapundung yang diresmikan Ridwan Kamil dan Dirjen SDA Kementrian PUPR, Sabtu (30/1). (murwani)

Taman Teras Cikapundung yang diresmikan Ridwan Kamil dan Dirjen SDA Kementrian PUPR, Sabtu (30/1). (murwani)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Gagasan pembuatan Teras Cikapundung ternyata bukan hanya milik Pemkot Bandung. Kecamatan Bandung Kidul pun punya program serupa dengan pembuatan Teras Cikapundung.
Itu diungkapkan Camat Bandung Kidul Yayan Karyana.


“Sebenarnya, program ini sudah kami rencanakan sejak dua tahun lalu,” ujar Yayan Karyana.

Yayan mengatakan, di RW 04 Keluarahan Mengger Kecamatan Bandung Kidul dilalui Sungai Cikapundung Kolot. Nah, di bantaran sungain itu, memang akan dibikin ruang publik.

“Sebenarnya, di sana bisa dibuat untuk tempat ibu-ibu berkumpul. Bahkan di sungainya, bisa untuk kegiatan para remaja,” papar Yayan.

Untuk pembiayaannya, menurut Yayan, tidak ada penganggaran khusus, karena terkendala kewenangan.

“Makanya, kita gandeng saja beberapa komunitas. Kita persilakan mereka menggelar kegiatan di sana. Atau misalnya, kalau butuh tanaman kita hubungi Dinas Pertanian,” beber Yayan.

Selain itu, pihaknya kini punya RW zona aman. Dengan itu, setiap tamu yang mengunjungi kawasan tersebut selama 1X24 jam, wajib lapor.

“Sudah ada linmas, dibantu babinsa dan babinmas,” tambahnya.

Yayan menambahkan, pihaknya memiliki pilot project RW kawasan bebas sampah di RW 1, Kelurahan Mengger.

“Kami punya bank sampah, salah satu kegiatannya memiliah sampah, ada yang bisa didaur ulang, ada juga yang bisa dibikin kompos. Harapannya, ke depan RW yang menerapkan sistem bank sampah,” paparnya.

Kaitan dengan PIPPK, Yayan mengatakan, tahun ini pihaknya lebih menekankan pada sektor lingkungan.

“Kami akan menjadikan Jalan Terusan Buahbatu akan diupayakan bagaimana caranya agar lebih hijau. Di gang-gang akan ada vertical garden,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …