Wow…IWP Tawarkan Edukasi dan Wisata Berlian

pengelola IWP Yopi Mesa Yudi (kiri) dan Bupati Bandung Barat Abubakar melihat koleksi berlian di IWP.

pengelola IWP Yopi Mesa Yudi (kiri) dan Bupati Bandung Barat Abubakar melihat koleksi berlian di IWP.

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Ini kabar menggembirakan bagi pecinta batu permata khususnya berlian. Soalnya, di Bandung sudah berdiri Indo Wisata Permata (IWP) yakni ‘rumah’ tempat pembuatan/produksi berlian dengan teknologi terbaik dan resmi dibuka untuk umum. Selain menyajikan berbagai koleksi berlian, dengan mendatangi IWP, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan atau produksi berlian dengan teknologi canggih. Kehadiran IWP di awal 2016 ini, tentunya menambah aset tempat destinasi kunjungan wisata di Bandung.

IWP yang menawarkan wisata edukasi bagi pecinta batu pertama, khusus berlian ini, berada di Komplek Citra Green Dago Blok N No-1-10, kawasan sejuk di Bandung utara.

“Lokasi IWP, adalah pertama di Asia, dimana sebuah proses pembuatan berlian dari material mentah (rough diamond) hingga menjadi berlian dengan menggunakan teknologi laser sampai menjadi berlian excellent, terbuka dan diperlihatkan ke publik,” ujar Pengelola IWP, Yopi Mesa Yudi (50) kepada wartawan di sela-sela Soft Launching Indo Wisata Permata, Minggu (14/2) di Komplek Citra Green Dago.

Terobosan kemasan wisata edukasi ini, menurut Yopi, agar masyarakat umum bisa lebih mengenal tentang berlian dan pembuatannya bahwa berlian dari bumi Nusantara adalah yang terbaik di dunia, disamping negara Afrika Selatan, jika dikelola dengan teknologi yang baik dan benar.

“Seperti diketahui, umumnya proses pembuatan berlian dari material awal berlian di dunia seperti di India, Eropa dan belahan dunia lainnya, tidak pernah terbuka atau tidak diperlihatkan dapur cara pengolahan berlian ke publik. Sehingga konsumen kerap disuguhkan berlian dalam etalase siap pakai. Produsen biasanya hanya menyuguhkan proses akhir pemolesan. Sehingga konsumen yang membeli dengan harga tinggi namun tidak sesuai kualitas, sering terjadi,” ungkap Yudi, sapaannya.

Konsep kehadiran IWP, kata Yudi, ingin memberikan informasi kepada masyarakat umum bahwa bagaimana sebenarnya sebuah batu intan (rough diamond) diolah secara baik dan benar hingga menghasilkan kuaitas terbaik dengan teknologi laser, namun juga dapat dimiliki masyarakat umum dengan harga yang relatif terjangkau.

Di sisi lain, Indonesia yang memiliki sumber alam penghasil batu berlian di Kalimatan adalah yang terbaik di dunia secara kualitas. Namun karena proses pembuatan para perajin berlian masih tradisional, sampai kini tetap tidak pernah menghasilkan berlian kualitas excellent. Bahkan cara pembuatan tradisional di Kalimatan sulit menghasilkan kualitas dibawah excellent, yakni very good dan good. Kebanyakan kualtas fair dan poor.

Yudi mengatakan, saat ini hanya negara Afrika Selatan sebagai penghasil batu permata jenis berlian terbanyak di dunia. Jumlahnya berton-ton dan sebagian besar diolah di Kota Surat, India. Namun permata asal Indonesia kalah dalam jumlah kuantitas produksi, namun memiliki kualitas terbaik di dunia.

“Edukasi ini kami lakukan agar masyaraat tidak asal beli saja dengan harga mahal. Di sini pula, pengunjung bisa melihat proses awal dari pemotongan batu permata hingga jadi berlian kualitas excelent dengan mesin laser tercanggih di era saat ini,” paparya.

Yudi menegaskan, keberadaan IWP, ingin mengangkat berlian Indonesia di dunia. Selain aka menghapus stigma selama ini bahwa hanya kalangan atas saja yang mampu memiliki berlian. Namun juga kalangan umum dengan harga relatif terjangkau juga bisa memiliki berlian dengan kualitas baik.

“Di tempat ini, wisatawan datang dan tidak harus membeli, namun setelah pulang mereka dapat ilmu dan pengalaman melihat proses pembuatan berlian dari awal hingga akhir. Bahkan dengan harga Rp 1,5-2 juta, seseorang sudah bisa memiliki berlian kualitas terbaik,” tandas Yudi. (*/nto)

Loading...

loading...

Feeds

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Teras Cihampelas Sepi, Begini Penampakannya!

  POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Sempat menjadi salah satu primadona kawasan wisata belanja Kota Bandung, kondisi Teras Cihampelas kini memprihatinkan. Tak …