Ujian Nasional Perbaikan Hanya Sekali

POJOKBANDUNG.com- SEMINGGU jelang Ujian Nasional Perbaikan (UNP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghimbau peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik. Pasalnya, UNP ini tidak akan digelar kembali meski nilai peserta tetap dibawah standar.


Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam menyampaikan, aturan tersebut sudah menjadi ketetapan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). BNSP hanya memberikan kesempatan satu kali bagi peserta, untuk memperbaiki nilai ujian nasional (Unas) mereka sebelumnya.

“Oleh karenanya, kami himbau untuk belajar dengan baik. Tidak perlu stres atau tegang. jangan lupa berdoa dan meminta restu orang tua,” tutur Nizam.

Lalu, bagaimana bila nilai peserta justru lebih rendah daripada sebelumnya? Nizam menuturkan, peserta tidak perlu kawatir. Peserta diberikan hak untuk memilih dan menggunakan nilai terbaiknya.

Saat ini sendiri, seluruh persiapan terus dimatangkan. Dia mengatakan, UNP yang diselenggarakan serentak mulai 22 Februari 2016 nanti ini, tengah memasuki tahap verifikasi calon peserta di tempat ujian di daerah masing-masing.

Menurut dia, verifikasi ini juga digunakan untuk mengetahui kondisi peserta. Apakah mereka tengah terdampak bencana, mengingat saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedan dilanda banjir. “Alhamdulillah, sementara ini sih belum ada permintaan penundaan atau pemindahan lokasi,” jelasnya.

UNP sendiri dijadwalkan mulai 22 Februari-25 Februari 2016 dan dilanjutkan kembali pada 29 Februari-2 Maret 2016. Untuk peserta lulusan SMA/MA, mereka memiliki jadwal dari hari pertama hingga tanggal 1 Maret 2016. Kemudian, peserta paket C harus mengikuti ujian dari hari pertama hingga akhir. Sementara, siswa SMK, hanya dijadwalkan selama empat hari terhitung dari hari pertam ujian.

Hasil UNP akan diumumkan tiga minggu pasca ujian selesai, yakni tanggal 19 Maret 2016. Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) kemudian disalurkan melalui Dinas Pendidikan terdekat.

Sebagai informasi, peserta UNP merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Kejuruan (SMK) dan sederajat serta peserta paket C yang mendapat nilai dibawah 55 pada Unas sebelumnya. Seperti diketahui, mereka tetap dinyatakan lulus meski nilai mereka dibawah standar.

Namun, mereka diberi kesempatan kembali untuk memperbaiki melalui UNP meski tidak wajib. Dari seluruh siswa dengan nilai dibawah standar, hanya empat persen atau 67 ribu orang yang mendaftar untuk mengikuti UNP. (mia)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …