KPU Tetapkan Pilkada Serentak 15 Februari 2017

Komisi Pemilihan Umum

Komisi Pemilihan Umum

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Indonesia akan kembali menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahap kedua Februari 2017 mendatang. Menurut rencana hajatan kali ini dilaksanakan di 101 daerah di Indonesia.


Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik, penentuan pelaksanaan pemungutan suara di bulan Februari 2017 berdasarkan aturan sebagaimana tercantum dalam  Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. “Pilihan tanggalnya cenderung ke angka kecil. Akhirnya diputuskan patokannya tanggal 15 Februari,” ujar Husni, Senin (15/2).

Menurut mantan Komisioner Sumatera Barat ini, keputusan diambil setelah dalam rapat pleno KPU memertimbangkan sejumlah hal. Antara lain, bahwa pilihan hari yang terbaik adalah hari Rabu.

Saat diusulkan digelar tanggal 8 Februari, sejumlah perdebatan mewarnai. Karena ternyata tanggal 5 Februari ada perayaan keagamaan di Papua Barat. Karena itu pilihan tanggal 8 dinilai kurang tepat, karena terlalu dekat dengan perayaan tersebut.

“Di Papua Barat itu tanggal 5 Februari merupakan perayaan turunnya Injil di Papua. Karena itu kurang efektif kalau tanggal 8. Kami bahas kembali, akhirnya diputuskan patokannya tanggal 15 Februari,” ujar Husni.

Menurut rencana, pilkada nantinya akan digelar di 101 daerah. Dengan rincian pemilihan gubernur digelar di 7 daerah, pemilihan bupati di 76 kabupaten dan pemilihan wali kota di 18 kota.

Untuk pemilihan gubernur akan digelar di Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Papua Barat.

Sementara itu, 18 kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2017 adalah Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa, Sabang, Tebing Tinggi, Payakumbuh, Pekanbaru, Cimahi, Tasikmalaya, Salatiga, Kota Yogyakarta, Batu, Kupang, Singkawang, Kendari, Jayapura, Ambon, dan Sorong.

Menurut Husni, daerah-daerah yang akan ikut dalam Pilkada serentak 2017 adalah daerah yang akhir masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada Juli 2016 hingga Desember 2017. “Jadi rentang waktunya satu setengah tahun,” demikian Husni. (gir/rus)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …