TNI Evakuasi Warga Cantigi, Korban Banjir Sungai Cimanuk

TNI bantu bencana banjir

TNI bantu bencana banjir

POJOKBANDUNG.com, INDRAMAYU–Ratusan rumah milik warga Desa Lamaran Tarung Blok Waledan Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu terendam air setinggi 50 cm atau setinggi lebih kurang lutut orang dewasa, Minggu(7/2).


Kejadian tersebut disebabkan debit Sungai Cimanuk tinggi, hingga meluap mengikis dan mengakibatkan tanggul jebol sepanjang 30 meter. Kejadian diawali luapan air terjadi sejak pukul 06.30 WIB, air mengalir deras dan tiba-tiba datang dengan sangat tinggi mengikis tanggul hingga menyebabkan kurang lebih 250 rumah buah terendam. Danramil serta para Babinsa datang ke lokasi untuk membantu evakuasi warga ke tempat aman di balai desa Lamarantarung sebanyak 300 KK. Tidak ada korban jiwa, dalam peristiwa ini.

TNI bantu korban bencana banjir Cimanuk

TNI bantu korban bencana banjir Cimanuk

Untuk menanggulangi situasi tersebut, Kodim melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk mengurangi debit air di daerah Rentang Sungai Cimanuk, sehingga debit air awal 6 meter, dialihkan ke 3 bagian ke arah Barat dan Selatan sehingga air ke arah tanggul yang jebol tinggal 2 meter. Dengan demikian banjir berkurang lebih dari 1 meter dalam waktu 1 jam.

Selanjutnya dilakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PMI untuk menyiapkan Posko pengungsi dan dapur umum, serta koordinasi dengan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dengan mendatangkan exsavator untuk membantu perbaikan sementara tanggul yang jebol.

Hingga kemarin, air sudah surut lebih dari 1 meter, dan warga sudah berangsur kembali ke rumah masing-masing.(Pendam III/Siliwangi)

Loading...

loading...

Feeds