Guru Perlu Raih Penghargaan Melalui Pemilihan Guru Berprestasi

Yesa Sarwedi Hami Seno

Yesa Sarwedi Hami Seno

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Program Memilih Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Luar Biasa merupakan salah satu prioritas pembangunan dalam menghadapi tantangan global saat ini. Kepala BPPTK PK-PLK Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Yesa Sarwedi Hami Seno mengatakan, salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang produktif adalah pendidik dan tenaga kependidikan, yaitu guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

“Maka harus kita akui bahwa guru maupun guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah perlu memperoleh penghargaan,”ujar Yesa, di ruang kerjanya, kemarin.

Oleh karena itu, pemilihan Kepala Sekolah Luar Biasa/Kepala Sekolah PK Berdedikasi dan Berprestasi tinggi merupakan salah satu upaya nyata untuk memberikan penghargaan dan mepromosikan guru yang diberi tugas tambahan diharapkan agar dapat meningkatkan kemampuan manajerial dan keprofesionalan.

Mekanisme pemilihan guru kepala sekolah dan pengawas ini, lanjut Yesa, penjaringannya ada beberapa tahapan pertama melalui selesi dari sekolah, setelah itu baru kegugus masing masing. Dari gugus baru pe provinsi, tim penilai atau juri pun berjenjang mulai dari guru widyaswara (WI) sampai ketingkat akademisi.

Yesa menambahkan, ada empat kompetensi yang menjadi bahan penilaian, yaitu kompetensi pedagogi, profesional, kepribadian dan sosial. Menurut dia, program pemilihan guru berprestasi dan berdedikasi yang diselenggarakan Disdik Jabar setiap tahun ada peningkatan.

“Tahun 2015 lalu saja yang menjadi juara mengikuti program ini tingkat guru saja ada sekitar 49 orang, kepsek 40 dan pengawas sebanyak 15 orang,” paparnya. (mun)

Loading...

loading...

Feeds