Aher Minta Pelaku Jasa Kontruksi Tak Cemaskan Serbuan Pekerja Asing

Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menilai masih banyaknya perusahaan jasa konstruksi kecil dan madya di Jabar adalah hal lumrah. Menurutnya rata-rata pengusaha jauh lebih nyaman menangani proyek skala kecil dan menengah karena kebanyakan proyek di provinsi ini nilainya juga tidak besar dan bervariasi.

“Hasil verikasi lembaga sertifikasi untuk melihat kompetensi perusahaan, hasilnya banyak yang kecil-kecil,” katanya, Selasa (9/2).

Pihaknya masih yakin pengusaha jasa konstruksi lokal masih bisa berdaya saing meskipun harus menguatkan sumber daya manusia yang berkeahlian.

Menurutnya ancaman pekerja asing di sektor konstruksi terutama dari China tidak usah dikhawatirkan karena keahlian pekerja sektor konstruksi yang sudah tersertifikasi dinilai bisa menjadi bahan daya saing dengan pekerja dari negara luar.

Di sisi lain, Pemprov Jabar akan terus mendorong agar para pekerja di sektor kontruksi bisa tersertifikasi.

“Kuncinya ada di sertifikasi. Kami terus-terusan mendorong dalam konteks sertifikasi ini,” paparnya.

Heryawan sendiri mengajak pelaku usaha jasa konstruksi di Jabar untuk sama-sama focus menggarap wilayah yang pembangunan infrastrukturnya tengah digenjot saat ini. Seperti Jabar bagian utara yang tengah dibangun bandara, dan Jabar bagian Selatan yang akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

“Kita fokus ke sana,” ujarnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …