Ingin Bebas Polio, Dinkes Cimahi Gelar Pekan Imunisasi 8-15 Maret 2016

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas kesehatan (Dinkes) sedang berusaha mengantisipasi penyakit polio dengan imunisasi di posyandu, dalam mendukung komitmen dunia bebas penyakit polio pada tahun 2020 mendatang.


Sebagai bentuk dukungan gerakan bebas polio, Pemkot akan melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio mulai tanggal 8-15 Maret 2016. Pihak Dinkes pun mengimbau kepada masyarakat yang memiliki bayi untuk mengikuti gerakan ini.

“Kami ingatkan kembali kepada masyarakat untuk datang di hari pelaksanaan PIN polio, terutama yang mempunyai bayi dengan usia 0-59 bulan,” ujar Kadinkes Cimahi, dr Pratiwi.

Ia mengklaim jika Cimahi kini sudah terbebas dari polio. Gencarnya langkah pencegahan polio berupa gerakan imunisasi ini, ungkapnya, agar status bebas polio dapat dipertahankan.

Menurutnya, bebas polio sudah dilakukan Indonesia sejak tahun 2014. Pihaknya mendukungnya hingga Cimahi sejak beberapa tahun kebelakang bebas polio. “Pernah ada masyarakat yang ternyata terindikasi penyakit polio, ternyata setelah dites, bukan polio,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Pembangunan Pemkot Cimahi, Benny Bachtiar menjelaskan, polio merupakan penyakit yang menimbulkan wabah. Untuk itu, selain program pemerintah, masyarakat harus ikut serta melakukan pencegahan dengan pemberian imunisasi.

Menurut Benny, saat ini kawasan Sounth East Region (SEAR) secara umum dan Indonesia dinyatakan bebas polio oleh WHO pada 27 Maret 2014. “Ini tantangan yang harus dihadapi yaitu bagaimana mempertahankan status tersebut,” terangnya.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan PIN polio di Cimahi akan dilaksanakan serentak secara Nasional mulai tanggal 8-15 Maret 2016 dengan sasaran imunisasi polio usia 0-59 bulan sebanyak 54.108 anak.

Untuk mendukung pelaksanaannya, PIN polio tersebut akan dilaksanakan di 433 pos pelayanan yang terdiri dari 13 puskesmas, 6 rumah sakit, 398 posyandu dan lainnya. “Kami berharap semua masyarakat ikut dalam pelaksanaannya dengan membawa anaknya untuk polio gratis,” katanya. (bbb)

 

Loading...

loading...

Feeds

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Teras Cihampelas Sepi, Begini Penampakannya!

  POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Sempat menjadi salah satu primadona kawasan wisata belanja Kota Bandung, kondisi Teras Cihampelas kini memprihatinkan. Tak …