Penerima Raskin Kota Bandung 62.255 KK dengan Anggaran Rp 24 Miliar

Raskin

Raskin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG--Penerima beras miskin (raskin) atau penerima rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) tahun 2016 masih sama seperti tahun lalu, tidak berkurang tidak bertambah.


Itu diungkapkan Kepala Dinas Pertaninan dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Elly Wasliah.

“Jumlah ini memang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, jadi kita tidak berkewenangan untuk mengubahnya,” ujar Elly Kepada wartawan, Kamis (4/2).

Menurut Elly, penerimaan raskin bisa dialihkan jika RTSPM dinyatakan sudah meninggal dunia, pindah alamat dan berubah status dari tidak mampu menjadi mampu.

“Sehingga, untuk masyarakat yang berhak mendapatkan raskin, namun belum terdaftar, bisa mendapatkan jatah jika memungkinkan,” paparnya.

Elly menerangkan, penerima raskin di Kota Bandung sebanyak 62.255 kepala keluarga dengan anggaran subsidi sekitar Rp 24 miliar untuk penyaluran periode Januari hingga Desember 2016.

“Karena disubsidi dari APBD, jadi raskin yang diberikan kepada masyarakat harus benar-benar gratis,” terangnya.

Jika ada pungutan kepada masyarakat, lanjut dia, maka pengurus harus mengembalikan uang yang diambil dari masyarakat.

“Walaupun masyarakat memberikannya secara cuma-cuma, tapi tetap harus dikembalikan,” tegasnya.

Namun, jika memang ada masyarakat yang ingin membagi raskin dengan tetangga yang membutuhkan sebenarnya tidak diperbolehkan. Tapi, jika ada keikhlasan dari pihak RTSPM yang menerima untuk berbagi dengan tetangga.

“Namun harus ada berita acara yang menerangkan bahwa penerim raskin memang bersedia berbagi raskin dengan tetangganya,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds