Kodam III/Siliwangi Gelar Rotasi Jabatan

Sertijab Aspers

Sertijab Aspers

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo kembali mengadakan rotasi pejabat di jajarannya.


“Hal ini dilakukan mengingat pergantian pejabat di lingkungan TNI AD termasuk Kodam III/ Siliwangi dilaksanakan melalui pertimbangan yang matang serta mengedepankan kepentingan organisasi ke arah yang lebih baik lagi. Selain itu, sebagai pembinaan karier pejabat yang bersangkutan,” ujar Hadi Prasojo saat memimpin serah terima jabatan lima pejabat Utama Kodam, di Ruang Sudirman, Makodam III/Siliwangi Nomor 69 Jalan Aceh, Kamis (4/2).

Selain serah terima jabatan, pada kesempatan tersebut Kodam Siliwangi melaksanakan tradisi penerimaan warga baru diantaranya Kolonel Kav Purwadi, Kolonel Inf Ardiheri, Kolonel Inf Dany Budiyanto SE, Kolonel Cpl Syaiful Kholid, Letnan Kolonel Inf Ery Iswantoro, dan Mayor Inf Haris Sukarman, yang masing-masing akan menduduki jabatan sebagai Staf ahli Pangdam Bidang Sosbud, Staf Ahli Pangdam Bidang Manajemen dan Sishanneg, Aspers Kasdam, Kapaldam, Kajasdam dan Dandenintel Kodam III/Siliwangi menggantikan para pejabat lama Kolonel Inf Sabar Simanjuntak, SIP, MSc., Kolonel Inf M Affandi, SIP, MM, Kolonel Inf Hendrianus, SIP, Kolonel Cpl Dwi Santoso, Kolonel Inf Heron Dominicus, SE dan Letnan Kolonel Chb Toto Kuswanto.

Menurutnya, acara tradisi korps dan serah terima jabatan yang mengandung esensi pelepasan dan penerimaan Perwira setelah menjabat dalam kurun waktu tertentu merupakan salah satu implementasi pembinaan personel dan bagian dari penghormatan serta penghargaan terhadap Perwira yang bersangkutan.

Pangdam menjelaskan, jabatan-jabatan yang hari ini diserah-terimakan merupakan jabatan-jabatan yang penting dalam menunjang tugas pokok Kodam III/Siliwangi.

Staf Ahli Pangdam memiliki fungsi dan peran yang sangat strategis dalam melakukan analisis dan pengkajian terhadap berbagai permasalahan untuk dapat menjawab perkembangan dan perubahan yang cepat dan dinamis.

Begitu pula halnya dengan jabatan Aspers, yang meliputi pembinaan personel, mulai dari pengadaan, penggunaan, perawatan, dan pemisahan Prajurit dan PNS maka pembinaannya diarahkan guna mewujudkan profesionalitas prajurit yang tangguh dan handal, dihadapkan dengan tantangan dan tuntutan tugas ke depan yang semakin kompleks.

Selanjutnya guna menjamin prajurit dan PNS Kodam III/Siliwangi dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, Kajasdam beserta jajarannya harus dapat memberikan pembinaan terkait dengan kesegaran, ketangkasan, dan postur tubuh personel, serta sarana dan prasarana olah raga yang memadai dan dilakukan secara terus menerus dan terencana.

Sementara itu bagi Kapaldam III/ Siliwangi yang bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan peralatan prioritas pembinaan satuan dan peningkatan motivasi anggota perlu terus dilakukan secara profesional dan proporsional, sesuai dengan program yang telah ditetapkan.

Tidak kalah penting tugas Denintel Kodam III/Siliwangi semakin kompleks dan meningkat salah satunya kecenderungan baru yang kini terus berkembang adalah kondisi masyarakat yang semakin berani dan terbuka dalam menyampaikan aspirasi, tuntutan dan hak-hak politik mereka sehingga peran dan tugas aparat intelijen dirasakan semakin mengemuka dalam membantu komando.

Melalui kesempatan yang baik ini, Hadi Prasojo menyampaikan pula ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para pejabat lama yang akan melanjutkan pengabdian di luar Kodam Siliwangi, atas ketekunan dan dedikasinya selama ini dengan harapan dapat terinspirasi dengan nilai-nilai yang tertanam dalam Wangsit Siliwangi dan tetap sebagai keluarga besar Siliwangi, sehingga di manapun berada dan bertugas akan dapat memberikan pengabdian yang terbaik sebagaimana halnya yang telah diberikan selama bertugas di lingkungan Kodam III/Siliwangi.

“Selanjutnya kepada para warga baru, saya ucapkan selamat datang di satuan jajaran Kodam III/Siliwangi. Segeralah menyesuaikan dengan lingkungan yang baru, baik dalam tataran dinas, maupun dengan lingkungan masyarakat Jawa Barat dan Banten, sesuai dengan falsafah “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”.

Seraya mengharapkan agar dapat melanjutkan pelaksanaan program kerja dan mencarikan alternatif solusi, sehingga permasalahan menonjol pada setiap bidang dapat diminimalisir dan dipertanggungjawabkan, lanjutkan hal-hal positif yang pondasinya telah dibangun oleh para pejabat lama, disertai keinginan untuk mengembangkan kreasi dan inovasi baru untuk senantiasa meningkatkan kinerja satuan dalam mendukung tugas pokok Kodam III/Siliwangi, pungkasnya.

Hadir dalam acara serah terima jabatan itu, Kasgartap II/Bandung Marsma TNI Imron Nasution, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto, para Danrem, Staf ahli Pangdam, Paliaison TNI AL dan AU, Para Asisten Kodam III/Siliwangi dan Ketua serta pengurus Persit Kartika PD III/Siliwangi.(Pendam III/Siliwangi)

Loading...

loading...

Feeds