BIUTR Kembali Dikerjakan, Proyek Tol Lain Berlanjut

Pembangunan Tol Soroja

Pembangunan Tol Soroja

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kota Bandung akan melanjutkan proyek Bandung Inter Urban Toll Road yang sudah lama terhenti. Pembangunan jalan tol dalam Kota Bandung ini nantinya akan menurunkan kemacetan hingga 50 persen.

Sekretaris Daerah Iwa Karniwa mengaku pihaknya akan serius menggarap proyek tersebut. Menurutnya, kini BIUTR sudah terbangun di kilometer 149 tol Padaleunyi.

“Alhamdulillah BIUTR sudah terbangun di kilometer 149 tol Padalarang-Cileunyi. BIUTR untuk menurunkan kemacetan dan efisiensi transportasi,” kata Iwa di Gedung Sate, Bandung, Rabu (3/2).

Iwa menuturkan, proyek BIUTR ini sepanjang 27,3 kilometer dengan rute Pasteur-Pasirkaliki-Sukaluyu-Ujungberung-Cibiru-Cileunyi. Sebagai contoh, BIUTR yang melewati Lapangan Gasibu direncanakan menjadi tol underpass.

“Karena Gedung Sate merupakan Heritage, maka tidak boleh ada yang menghalanginya. Nanti BIUTR-nya underground untuk depan Gasibu. Setelah itu dinaikkan kembali, sekitar wilayah Dinas Pertanian baru nanti dinaikkan kembali sampai Cileunyi,” bebernya.

Lebih lanjut Iwa katakan, proyek pembangunan BIUTR ini melewati 14 wilayah badan lembaga dan kementerian. Menyikapi itu, Iwa mengaku, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Bahkan, menurutnya, Menteri Koordinator Kemaritiman telah berkoordinasi dengan 14 lembaga tersebut. “Rapat yang terakhir tanggal 2 kemarin. Alhamdulillah ada sembilan lembaga yang sudah bilang oke,” paparnya.

Selanjutnya, tambah Iwa, Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung akan membentuk tim kecil untuk menindaklanjuti hal-hal yang lebih detail di lapangan. Tim kecil itu untuk meninjau mekanisme dan hal-hal yang lebih teknis di lapangan.

Sementara itu, terkait pembangunan jalan tol Soreang-Pasirkoja, Iwa mengatakan, pihaknya optimistis bisa diselesaikan pertengahan tahun ini. Saat ini, pembebasan lahan tol Soroja sudah hampir tuntas yakni sekitar 96 persen.

Adapun yang belum dibebaskan adalah tanah warga karena masih belum sepakat terkait harga. Pemprov akan menetapkan tenggat waktu sebelum Juni dengan langkah penyelesaian terakhir berupa konsinyasi ke pengadilan.

“Jadi yang empat persen ini sedang ditangani khusus oleh Penjabat Bupati bersama dengan timnya, untuk melakukan langkah lanjutan. Kita punya target waktu untuk segera menuntaskan,” katanya.

Lebih lanjut Iwa katakan, langkah-langkah lanjutan terus dilakukan secara intensif untuk percepatan pembangunan. Bahkan, setiap dua hari sekali dirinya bersama seluruh pihak terkait pembangunan tol Soroja melakukan koordinasi untuk kelanjutan pembangunan hari per hari.

“Untuk tanah kas desa dan tanah milik Kabupaten Bandung juga sudah diselesaikan. Oleh karena itu, rencana percepatan yang semula Agustus bisa dipercepat sampai akhir Juni, atau melesetnya di Juli bisa diselesaikan,” katanya.

Meski masih ada kendala lahan, Iwa memastikan pengerjaan fisik tol tidak akan terganggu. Sampai hari ini pembangunan fisik terus dikebut untuk mengejar target.

“Kita monitor di lapangan terus, diharapkan tol Pasirkoja yang sudah ditunggu oleh warga, terutama warga Kabupaten dan Kota Bandung akhir Juni bisa selesai,” katanya.

Sementara itu, untuk perkembangan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi II, menurut Iwa progresnya cukup signifikan. Salah satunya terkait penyelesaian tanah wakaf di mana saat ini seluruh izinnya sudah ada di Menteri Agama.

Targetnya, pekan ini seluruh izin sudah dituntaskan sehingga pembangunan fisik di lapangan sudah bisa dilaksanakan seluruhnya. “Diharapkan minggu ini izin tanah wakaf bisa selesai.

Berikut trase BIUTR:

– Trase I-1, akses Pasupati menuju Underpass Gasibu dengan panjang 5,5 km.
– Trase I-2, Soekarno Hatta menuju Gedebage dengan panjang 4 km
– Trase II-1, Underpass Gasibu menuju Cicaheum kemudian Ujungberung dengan panjang 8,8 km
– Trase II-2, Ujungberung menuju Soekarno Hatta dengan panjang 2,7 km
– Trase II-3, Ujungberung menuju Cibiru kemudian Cileunyi dengan panjang 6,3 km (agp)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …