Puluhan Aktivis LSM Ontrog Kejari Bale Bandung

Ilustrasi demo

Ilustrasi demo

POJOKBANDUNG.com, BALEENDAH– Puluhan anggota beberapa LSM di Kabupaten Bandung, melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Kejaksaan Negeri Bale Bandung, Rabu (3/2).


Aksi tersebut ditujukan untuk mempertanyakan Kejaksaan Negeri Bale Bandung terkait laporan dugaan penyeleweangan dana reses anggota DPRD Kabupaten Bandung.

“Kejaksaan harus tegas dan segera mengusut tuntas dugaan penyelewengan dana reses anggota DPRd Kabupaten Bandung,”tutur Yadi Wigandi, juru bicara massa aksi, disela-sela aksinya.

Dikatakannya, Kejaksaan Negeri Bale Bandung telah mendapat data awal dari laporan Lsm Bangkit indonesia pekan lalu. Sehinga, laporan tersebut harus segera ditindaklanjuti.

Aksi unjuk rasa sendiri dilakukan, menginggat sejak penyerahan laporan pada 28 Januari lalu, pihak kejaksaan Negeri Bale Bandung belum memberikan informasi tindak lanjut.

“Kami berjanji akan terus mengawal kasus ini. Bahkan tak hanya soal kasus dana reses saja, kami pun akan terus mengawasi berbagai dugaan penyelewengan yang terjadi di DPRD maupun di Pemerintah Kabupaten Bandung,”ujarnya.

Lili Muslihat, utusan dari gabungan LSM tersebut menambahkan, Kejaksaan Negeri Bale Bandung sudha berjanji akan mengusut tuntas kasus tersebut. Namun, karena belum ada kejelasan tindak lanjut, maka gabungan LSM datang untuk menagih janji.

“Kami juga mengingnkan jangan hanya kasus Dana Reses saja yang usut tuntas, tapi Kejaksaan juga haru mengusut berbagai dugaan korupsi di DfPRD Kabupaten Bandung lainnya,”katanya.

Dengan berbagai rangkaian dugaan kasus korupsi oleh DPRD Kabupaten Bandung ini, ia meminta kepada para pengurus partai politik di tingkat pusat, agar segera mengganti perwakilan mereka. Dan kedepannya, tidak lagi mengirimkan wakilnya yang diduga melakukan berbagai tindakan korup serta malah menyengsarakan rakyatnya.

“Kami juga minta perhatian dari para pimpinan partai politik di tingkat pusat. Agar segera ganti mereka, dan kedepannya bisa lebih selektif saat mengirimkan wakilnya yang akan duduk di kursi parlemen. Agar tidak lagi berperilaku korup, tidak amanah serta mendzolimi rakyatnya sendiri,”ujarnya.

Kepala Seksi Intelejen Kejari Bale Bandung, Ewrin Widihantono mengatakan, setelah menerima laporan dari LSM Bangkit Indonesia, Kepala Kejari Bale Bandung Gani P Wikanto, langsung memerintahkan jajarannya untuk menindaklanjutinya. Bahkan, pihaknya telah membentuk tim yang kini tengah melakukan analisa dan kajian terhadap laporan tersebut. Sehingga, kata dia, sejak menerima laporan tersebut, sebenarnya pihaknya telah menindaklanjutinya.

“Pak Kejari telah memerintahkan kami untuk membentuk tim dan melakukan kajiannya. Dan langkah awal tengah kami lakukan untuk mendalami kasus ini,”ujarnya.

Terkait bukti-bukti dari berkas yang disertakan dalam laporan tersebut, kata Erwin, hal yang menyangkut subtansi dari hasil kajiannya, belum dapat disampaikan kepada publik. Karena, kata dia, ini menyangkut dengan strategi penyelidikan dan pengembangan kasus tersebut.

“Nanti pada saatnya akan kami buka. Tapi saya berjanji jika kami akan bekerja dengan netral dan objektif,” katanya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …