Waspadai, 15 Wilayah Rawan Longsor di Jabar

ilustrasi longsor

ilustrasi longsor

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui BPBD Jabar telah menetapkan siaga bencana. Hal ini seiring tingginya intensitas hujan di tatar Parahyangan.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat Haryadi Wargahadibrata mengatakan, penetapan status ini sudah dilakukan sejak awal Januari. Maka dari itu, masyarakat diimbau selalu waspada mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Menurutnya, penetapan status ini didasari hasil diskusinya dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Akhirnya kita rumuskan dan disepakati juga oleh pusat,” katanya di Gedung Sate, Bandung.

Menurutnya, sejak awal bulan hingga 21 Januari, tercatat sekitar 11 bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat. Sebagai contoh, di Kabupaten Cianjur terdapat empat kejadian meliputi longsor, banjir bandang, dan tanah amblas.

Sementara itu, di Kabupaten Kuningan terdapat dua kejadian yakni tanah longsor dan angin puting beliung. “Di Garut ada empat kejadian, tiga longsor, dan satu angin puting beliung,” kata seraya menambahkan di Kabupaten Bandung terjadi tanah longsor yang menelan satu korban jiwa.

Lebih lanjut dia katakan, pihaknya menetapkan 15 kabupaten/kota yang tergolong rawan longsor seperti di Kabupaten Bandung serta Jabar selatan. Adapun daerah rawan banjir di antaranya terdapat di Jabar bagian utara.

“Seperti biasa, potensi bencana di Jabar ada tanah longsor, banjir, puting beliung. Memang, ini sulit untuk diprediksi,” ucapnya.

Maka dari itu, pihaknya meminta semua pihak untuk selalu waspada. Penetapan status siaga ini pun harus benar-benar ditindaklanjuti oleh seluruh kepala daerah di Jabar. “Penguatan kita sampai kabupaten/kota. Semua harus sudah siap,” pungkasnya.

Kepala Dinas Bina Marga Jabar M. Guntoro mengatakan, pihaknya pun telah menyiapkan berbagai alat berat di sejumlah lokasi yang dianggap rawan bencana. “Kita juga lakukan piket, sehingga kalau terjadi longsor dan bencana lain, dapat langsung bergerak,” singkatnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …