Enam Pelaku Curat dan Curanmor Diringkus Jajaran Polda Jabar

Ilustrasi curanmor

Ilustrasi curanmor

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Unit Jatanras Satreskrim Polres Banjar dan Polres Karawang meringkus enam orang pelaku kejahatan konvensional, dengan lokasi dan waktu yang berbeda.


Saat ini, tersangka yang terlibat aksi pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) sudah mendekam di balik jeruji besi Mapolres.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono menjelaskan, empat tersangka kasus curat ditangkap oleh Polres Banjar. Sedangkan dua pelaku curanmor, berhasil diamankan jajaran Polres Karawang. Para tersangka dijerat pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

“Saat diringkus mereka tidak sempat berkutik,” ucap Pudjo.

Untuk kasus curas, lanjut Pudjo, terungkap dari laporan masyarakat. Satreskrim Polres Banjar berbekal laporan kasus curat yang terjadi pada Senin 18 Januari 2016 di Iing Banjar I RT 02/RW03, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Korban Ani Meilawati melapor telah kehilangan satu unit sepeda motor, 1 unit sepeda gunung, 2 laptop, 1 tablet, 2 ponsel, dan tas berisi surat-surat berharga serta uang tunai.

“Menurut laporan Kapolres Banjar, kasus terjadi saat korban bangun tidur dan keluar dari kamarnya. Korban terkejut karena melihat pintu bagian belakang dan pintu bagian samping rumah sudah dalam keadaan terbuka,” tutur Pudjo kepada wartawan, Senin (1/2/2016).

Saat itu juga, tambah Pudjo, korban bergegas memeriksa barang-barang miliknya dan ternyata sudah raib. Pelaku diduga masuk melalui jendela kamar belakang dengan cara mencungkil menggunakan benda keras.

“Korban mengalami kerugian lebih dari Rp 24 juta,” kata Pudjo.

Berkat laporan korban, petugas pun mulai melakukan penyelidikan sampai akhirnya berhasil menangkap empat orang pelaku. Mereka yaitu SP (25), AD (45), DK (55) dan YS (21).

“Para pelaku sudah diamankan di Mapolres Banjar,” tambahnya.

Kasus lain yang diungkap jajaran Polda Jabar, yakni kasus curanmor di Karawang. Polres Karawang mengamankan dua orang tersangka, pada Minggu (31/1/2016), di Kampung Blendung, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang.

“Penangkapan dilakukan sebagai hasil pengembangan kasus curanmor yang terjadi Minggu 31 Januari 2016, di Wisma 8 Kampung Bubulak, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat. Korban atas nama Tania Anggraeni,” ujar Pudjo.

Terungkapnya aksi pelaku, berkat kesigapan anggota di lapangan. Anggota Polres Karawang melakukan pemeriksaan terhadap sepeda motor yang dibawa tersangka.

“Dan memang terbukti ranmor yang dibawa adalah hasil kejahatan yang dilakukan tersangka,” tutur Pudjo.

Kedua tersangka yang tertangkap itu berinisial MMN (25) dan RHD (25), keduanya warga Kp. Kalen Asem RT 011/RW 004, Desa Tempuran, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang. Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Beat warna biru putih. (cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …