TNI – Petani Pelihara Saluran Air untuk Tingkatkan Hasil

TNi dan petani gotong royong

TNi dan petani gotong royong

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA–Dalam rangka peningkatan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan perlu dilakukan berbagai langkah dan upaya yang maksimal. Sebab itu, dilakukan Karya bhakti oleh para petani dan anggota TNI dari Babinsa Koramil 1211/ Singaparna di Kampung Cariwuh Desa Sukaasih Kacamatan Singaparna Kab.Tasikmlaya, Sabtu (30/1).


Karya bakti ini diikuti anggota Polsek Singaparna, PPM/OKP, satpol PP serta warga Kampung Suka Asih, Kampung Wargakerta & Kampung Sukarapih dengan sasaran saluran irigasi di lahan persawahan dengan membersihkan dan mengeruk lumpur saluran irigasi tersier dengan panjang 350 meter lebar 2 meter.

Sementara itu Komandan Kodim 0612/Kab. Tasikmapaya Letkol Kav Puji Santoso, melalui Danramil 1211/ Singaparna mengatakan, kegiatan tersebut merupakan satu kesatuan dalam program ketahanan pangan dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian.

“Dalam pengolahan lahan pertanian petani memang yang berpengalaman, namun dengan pendampingan Babinsa bersama PPL tentunya ada sentuhan-sentuhan teknis dan pola perawatan yang lebih, sehingga menambah kualitas pertanian yang telah berjalan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, misi pendampingan ini intinya mengajak petani untuk melakukan pengolahan lahan, perawatan tanaman hingga perawatan teknis pengairan dan lain-lainnya lebih baik, guna meningkatkan hasil pertaniannya.

“Bertepatan dengan musim tanam bersamaan musim hujan ini saya sudah arahkan kepada seluruh Babinsa untuk memonitor dalam arti apa yang menjadi kendala-kendala petani untuk dapatnya kita minimalisir secara dini,” imbuh Dandim.

Keberadaan saluran-saluran air yang ada, ketersediaan pupuk dan obat-obatan hendaknya diadakan monitoring secara terpadu dengan PPL maupun instansi terkait dilapangan sehingga mampu meningkatkan hasil panen yang akan datang, guna menunjang program swasemabada pangan nasional. (Pendam III/Siliwangi)

Loading...

loading...

Feeds