Keberagaman Sebagai Potensi Dinamik untuk Kemajuan Indonesia

TNI hadiri perayaan ekaristi.

TNI hadiri perayaan ekaristi.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto mewakili Pangdam III/Siliwangi, menghadiri Perayaan Ekaristi Anggota TNI/PNS beserta keluarga yang beragama Katolik se wilayah Garnisun Tetap II/Bandung tahun 2016 yang diselengarakan di Aula Manunggal Denmadam III/Siliwangi, jalan Kalimantan 14, Bandung,  Jumat (29/1).


Dalam perayaan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam mengatakan, kehadiran agama-agama merupakan khasanah budaya bangsa Indonesia yang tercermin dalam semangat Bhineka Tunggal Ika yang terpatri dalam jiwa kebangsaan kita. Pancasila sebagai ruh bangsa menegaskan bahwa kita menganut prinsip kebersamaan dalam keberagaman. Keberagaman bukan hanya sebagai realitas objektif, tetapi juga sebagai potensi dinamik yang memberikan semangat kebersamaan kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai harapan akan kemajuan Indonesia di masa depan.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa di era global yang sarat dengan kompetisi, maka semangat kebersamaan dalam keberagaman yang perlu dikembangkan adalah terwujudnya sikap pluralistik dalam masyarakat. “Untuk menjaga persatuan antar umat beragama, maka diperlukan sikap toleransi yang terimplementasi dalam perilaku mulia berupa komitmen menjunjung tinggi persaudaraan, mampu menahan diri, bersikap sabar, mempersilakan orang berpendapat lain, dan sekaligus berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda,” tegas Kasdam.

Hadir pada acara yang bertemakan ”Peningkatan Iman dan Taqwa untuk memantapkan Rohani dan Profesionalitas Pelayanan Umat Katolik di lingkungan TNI/Polri dan PNS beserta keluarga” tersebut, Pasbanminpol Romo Rofinus Neto Wuli, PrS, Fil,MSi (Han), Uskup TNI/Polri Romo Ignatius Suharyo, serta 102 orang anggota TNI, Polri dan PNS se Garnisun Tetap II Bandung. (Pendam III/Siliwangi)

Loading...

loading...

Feeds

Maradona Pulang ke Tangan Tuhan

Duka warga dunia di sepanjang tahun pandemi 2020 ini kian berlarat-larat saja. Jelang tengah malam kemarin WIB, Diego Maradona, salah …