Selain Air Bersih, PDAM Tirtawening Kota Bandung Bisnis Air Kotor

Armada sedot septiktank PDAM Kota Bandung

Armada sedot septiktank PDAM Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Selain melayani penyediaan air bersih, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung, juga memiliki bisnis air kotor.


Itu diungkapkan Kasubbid. Humas, PDAM Tirtawening Kota Bandung, Tarsum.

“Kami melayani sedot tinja, dan mobil toilet portable,” ujar Tarsum kepada wartawan, Selasa (26/1).

Tarsum mengatakan, masyarakat yang membutuhkan sedot septiktank dan toilet portabel bisa menghubungi PDAM. Bisa langsung ke kantor PDAM Jalan Badaksinga No 10 atau kontak no tlp 022 -2512418. Bisa juga melalui Kepala Sei Pemasaran Air Limbah, PDAM Tirtawening, Asep Gunawan No tlp ‎ 08157029237, atau ke pPetugas lapangn Mahfudin HP 082126153116 dan Email [email protected]

“Layanan kami juga terbuka untuk pelanggan di luar Kota Bandung,” jelas Tarsum.

Nantinya, pelanggan bisa langsung menanyakan mengenai tarif peminjaman. Karena, menurut Tarsum tarif di satu wilayah tidak akan sama dengan wilayah lain.

“Karena kita juga kan memikirkan jarak peminjam. Kalau yang jauh beda dengan yang dekat,” terangnya.‎

Untuk mobil sedot septiktank, lanjut Tarsum, PDAM memiliki empat unit armada. Dua armada berkapasitas 2,5 meter kubik, jika di rata-rata menurut Tarsum ini bisa untuk menyedot satu rumah. Dengan panjang pipa sekitar 50 meter. Dua armada lagi berkapasitas 3 dan 3,5 meter kubik dengan panjang pipa 75 meter.

“Tapi itu juga tergantung kapasitas septiktanknya,” ungkap dia.

Untuk toilet portable, menurut Tarsum, PADM memiliki satu unit, dengan isi dua kamar kloset duduk, jet washer dan kran air. Dengan Kapsitas air bersih 700 liter dan air cadangan 600 liter‎.

“Fasilitas lain diantaranya, penampungn air bersih, tisu, dan pengharum. Jadi, kami jamin, fasilitas yang kami sediakan, bersih dan tidak kotor,” tegas Tarsum.

toilet portable

toilet portable

Sedangkan kapasitas toilet kontainer, memiliki kapasitas air limbah sebanyak 1.000 liter, dengan tenaga operator dua orang, atau sesuai dengan kebutuhan.

Untuk fasilitas, kata Tarsum, toilet kontainer ini memiliki empat kamar. Dua kamar ‎ untuk laki-laki, dengan fasilitas satu kamar kloset duduk, satu kamar kloset jongkok, urinoir, wastafel, cermin, dan sisir.

“Sama dengan toilet mobil, toilet kontainer juga dilengkpi pengharum dan tisu, dengan kapsitas air bersih 3.500 liter dan air cadangan sesuai kebutuhan. Sehingga dijamin kebersihannya,” tegasnya.

Untuk pemesanan, Tarsum mengatakan minimal sudah booking 1 bulan sebelumnya, dan maksimal peminjaman 1 minggu.

“Karena peminjam banyak, jadi harus bagi-bagi waktu peminjaman,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …