Ridwan Kamil Sanksi Tegas Bangunan yang Melanggar

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mendenda 10 persen dari harga proyek kepada bangunan-bangunan yang melebihi aturan. Selain itu pemilik bangunan tersebut harus membeli tanah kompensasi untuk membangun bangunan yang melebihi aturan tersebut.


Walikota Bandung Ridwan Kamil sudah memutuskan pelanggaran yang terjadi di Kota Bandung diberi sanksi tegas. Ia mencontohkan mal Paris Van Java (PVJ) sudah didenda dan membeli tanah atas kompensasi pelanggaran tersebut.
“PVJ didenda dan membeli tanah ribuan meter persegi untuk kompensasi pelanggaran luas yang mereka pakai,” ujarnya usai rapat dengan Distarcip di Pendopo, Selasa (26/1).

Ia menambahkan, hukuman untuk pelanggaran bangunan ada dua yakni membayar denda dan kompensasi. Menurutnya, PVJ dan 13 lokasi lainnya yang melanggar diperlakukan dengan cara yang sama.

Namun ia menjelaskan dari 13 bangunan itu ada satu dan dua bangunan yang akan dibongkar. Itu dilakukan karena tempat tersebut peruntukannya tidak sesuai aturan dan tidak ada IMB.

Ridwan Kamil menuturkan, jika ada bangunan tidak ada IMB namun peruntukannya jelas, itu hanya akan didenda saja. Namun jika tidak ada IMB dan peruntukan tidak jelas, ia dengan tegas akan membongkar lokasi tersebut.
Sebab itu untuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang baru nanti, ia berpesan kepada Distarcip agar tidak kecolongan kepada setiap pemohon izin bangunan.
Untuk mencegah itu, Distarcip akan membentuk Unit Reaksi Cepat (URC) untuk memastikan pemohon bangunan dikawal dengan benar. (mur)

Loading...

loading...

Feeds