Luapan Sungai Cigadung, Pamanukan, Rendam Rumah Warga

Sungai Cigadung Pamanukan meluap membanjiri rumah warga.

Sungai Cigadung Pamanukan meluap membanjiri rumah warga.

POJOKBANDUNG.com, SUBANG-Terjadinya penyempitan dan pendangkalan Sungai Cigadung Pamanukan, Subang, membuat sejumalah rumah warga di Dusun Kedunggede dan Dusun Dukun tergenang air.


Genangan air yang masuk ke pemukiman warga variatif tergantung kondisi ketinggian lahan. Berdasarkan informasi ketinggian air mencapi 50 centimeter.

Menurut Kordinator Wilayah Pantura Tagana, Rahmat Yogi Aditya, banjir yang terjadi di Pamanukan saat ini mengalami pergeseran trend. Menurut Asep, banjir yang terjdi saat ini mirip rob air laut.

“Banjir sekarang, rob air laut. Artinya kalau di selatan hujan, apalagi kalau hujannya deras, di sini langsung banjir,” ujar Yogi.

Yogi menjelaskan, penyebab terjadinya banjir di wilayah itu, akibat Sungai Cigadung mengalami pendangkalan dan penyempitan. Namun, banjir yang terjadi saat ini belum besar, hanya pemukiman yang berada di sisi sungai yang terkena imbas.

“Tapi untuk antisipasi terjadinya banjir besar,kami sudah menyiapkan titik evakuasi warga. Selain di bawah jembatan layang, masjid dan sekolah menjadi alternatif tempat evakuasi,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk persiapan logistik, sejauh ini masih ada di Dinas Sosial (Dinsos) atau di Mako di Subang. Dan untuk personil Tagana yang saat ini sudah terjun di lapangan berjumlah enam orang. Personil ini memiliki tugas masing-masing, pendataan rumah yang kena banjir, pantau kondisi air dan lainnya.

“Jumlah itu akan ditambah jika banjir skala besar. Dan kita telah siagakan 18 orang yang sudah standbye di Sukasari, Ciasem, Legonkulon,Binong, Pusakanegera, Pagade,” pungkasnya. (anr)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Hadirkan To The POIN Festival

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Telkomsel kembali memberikan program spesial kepada seluruh pelanggan setia dengan menggelar …