JELANG PON XIX: Gubernur Jamin Kebutuhan Atlet Akan Terpenuhi

Apel Besar Atlet Pelatda PON (Khairizal Maris)

Apel Besar Atlet Pelatda PON (Khairizal Maris)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memastikan pihaknya akan memenuhi kebutuhan anggaran untuk atlet Jawa Barat yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Nasional XIX/2016. Menurut Heryawan, pada APBD 2016 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menggelontorkan Rp 2 triliun untuk kebutuhan PON 2016.

Heryawan menjelaskan, dari jumlah tersebut, pemprov menganggarkan Rp 341 miliar untuk menunjang persiapan atlet Jabar. Hal ini penting agar target juara umum pada PON tersebut bisa terwujud.

Terlebih, tampil sebagai tuan rumah, prestasi juara umum sudah seharusnya diraih provinsi dengan jumlah penduduk paling banyak ini. “Kalau anggaran untuk PON, saya tidak ada tawar menawar, termasuk anggaran untuk KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia Jabar). Untuk menghadirkan prestasi terbaik, kita anggarkan Rp 341 miliar,” kata Heryawan di Bandung, Minggu (24/1).

Heryawan meminta KONI Jabar agar mampu menggunakan anggaran tersebut sebaik mungkin untuk menunjang prestasi atlet. Berbagai kebutuhan atlet seperti asupan gizi, transportasi, hingga uang saku harus terpenuhi agar mereka bisa memberikan yang terbaik baik saat latihan maupun bertanding nanti.

“Silakan anggaran tersebut distribusikan dengan baik, untuk para atlet. Penuhi semua hak para atlet, kalau ada hak yang belum terpenuhi, bilang!” tegasnya.

Heryawan menambahkan, dengan anggaran tersebut, pemenuhan kebutuhan atlet akan ditingkatkan. Asupan gizi dan vitamin, transportasi, uang saku, termasuk bonus atlet dipastikan mengalami peningkatan.

“Anggarannya sama dengan pembangunan satu stadion. Jadi hak atlet akan meningkat,” katanya.

Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin mengatakan, atlet Jabar yang akan berlaga pada PON 2016 berjumlah 1.467 orang. Menurutnya, saat ini seluruh duta olahraga tersebut terus melakukan persiapan secara baik dan serius.

Bahkan, beberapa di antaranya ada yang berlatih di luar negeri. Menurut Ahmad, seluruh atlet dan unsur KONI bertekad akan memenuhi target juara umum.

“Kami siap dan optimis. 20-25 persen medali emas menjadi syarat juara umum. Kami akan bekerja keras untuk memenuhinya,” singkatnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds