Resmi, Jadwal PON XIX Diundur Sepekan

PON Jabar

PON Jabar

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 resmi diundur sepekan, dari 9-21 menjadi 17-29 September 2016. Pengunduran jadwal ini mengingat hari raya Idul Adha jatuh pada 12 September disertai hari tasyrik atau penyembelihan hewan qurban, 13-15 September.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), selaku Ketua Umum PB PON XIX, mengatakan, kepastian ini diperoleh setelah mendapat persetujuan dari seluruh pengurus KONI, baik tingkat pusat mapun provinsi. Keputusan disetujui dalam Rapat Koordinasi KONI beserta PB PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/1) malam.

Rakor ini melibatkan 31 provinsi dari 34 provinsi yang diundang. Hadir pula Ketua KONI Pusat, Tono Suratman, dan jajaran pengurus pusat. Semua pihak menyatakan setuju atas pengunduran jadwal tersebut.

Menurut Aher, pengunduran guna menghormati perayaan hari raya Idul Adha yang jatuh pada 12 September 2016 serta tasyrik (hari penyembelihan hewan qurban tiga hari setelahnya: 13-15 September 2016).

“Kita sudah melakukan koordinasi sebelumnya dengan KONI Pusat, dan rapat koordinasi ini memastikan legitimasi kesepakatan semua pihak,” ucap Aher.

Di akhir 2015 lalu, PB PON XIX telah mengirim surat pertimbangan kepada KONI Pusat terkait perubahan jadwal dengan pertimbangan hari besar keagamaan. Waktu itu sudah mendapat persetujuan dari KONI Pusat secara lisan.

Penyelenggaraan PON, lanjutnya, tidak ingin mengganggu keberlangsungan hari besar keagamaan itu. Sebab, tidak mungkin harus menghentikan pertandingan karena waktu yang berbarengan.

“Atlet dan ofisial juga tidak mungkin pulang dulu. Maka, supaya tidak mengganggu kekhusuan beribadah, ya sebaiknya diundur, dan semua sepakat, tidak ada masalah,” tegas Aher.

Ia menambahkan, upacara pembukaan yang diundur ke 17 September juga tidak akan mengganggu persiapan yang dilakukan PB PON. Bahkan, persiapan bisa lebih matang.[des]

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …